PROGRESIVE MUSCLE RELAXATION (PMR) TERHADAP PERUBAHAN KADAR GLUKOSA DARAH (KGD) PADA PASIEN DEABETES MELITUS (DM)

Heny Siswanti, Ummi Kulsum

Abstract


Deabetes Melitus adalah kelompok penyakit metabolic yang dikarakteristikan dengan tingginya kadar glukosa dalam darah (Hiperglikemia) karena kelainan sekresi insulin, kelainan kerja insulin atau kombinasi keduanya, yang menyebabkan tingginya angka kematian di Indonesia. Progresif muscle relaxation merupakan salah satu terapi non farmakologis untuk merilekskan otot sehingga menyebabkan penurunan kadar glukosa darah pada pasien DM. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh terapi PMR terhadap perubahan kadar glukosa darah (KGD) pada pasien DM di Puskesmas Kalinyamatan Jepara. Dalam penelitian ini menggunakan desain pre experimental one group pretest-postest. Besar sampel adalah 32 responden yang masing – masing kelompok terdiri dari 16 responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Uji yang digunakan yaitu Uji T dan uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk. P value = 0,000 (α<0,05) yang berarti ada pengaruh terapi PMR terhadap kadar glukosa darah pada pasien DM di Puskesmas Kalinyamatan Jepara. Hasil penelitian ini  dapat menjadi masukan bagi tenaga kesehatan terutama di pukesmas Kalinyamatan Jepara untuk menjadikan PMR sebagai salah satu intervensi mandiri.

 

Kata Kunci : Deabetes Melitus, kadar glukosa darah, terapi PMR.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ankrom, S. (2008). Progressive Muscle Relaxation Can Help You Reduce Anxiety And Prevent Panic.

Asti, Tri. 2006. Kepatuhan pasien : Faktor penting dalam keberhasilan tarapi. Info POM, vol. 7, NO. 5, diakses Januari 2015 dari http// perpustakaan.pom.go.id/koleksi lainya/Buletin%20info%20POM/0506.pdf.

Black, J.M., & Hawks, J.H. (2014). Medical – Surgical Nursing ; Clinical Management For positive outcomes, (8th Edition). Elsevier Saunders

Charlesworth, E.A., & Nathan, R.G. (1996). Manajemen stres dengan teknik relaksasi, dalam Haryati (2009). Pengaruh latihan PMR terhadap status fungsional dalam konteks asuhan keperawatan pasien kanker dengan kemoterapi di RS. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makasar, (tesis).Perpustakaan FIK-UI.

Copstead, L.C., & Banasik, J.L. (2000). Pathophysiology, (2th ed). Philadelphia : W.B. saunders company

Carter, M. (2010). The role of the diabetes specialist nurse. Presentasi ilmiah pada diabetes specialist nurse conference. Cheltenham General Hospital. Victoria. Diunduh dari www.glospccag.nhs.uk/roleofthenurse.pdf.

Hamarno, Rudi. (2006). Pengaruh latihan Relaksasi Otot Progresif Terhadap penurunan Tekanan Darah Klien Hipertensi Primer Di Kota Malang. (Tesis) perpustakaan FKUI

Internasional Diabetes Federation (IDF). (2015). Diabetes atlas sevent edition 2015: www.diabetesatlas.0rg Tanggal akses 22 Agustus 2016.

Istiarini, C.H. (2009). Pengaruh terapi refleksologi terhadap kadar glukosa darah pada klien diabetes melitus tipe 2 dalam konteks asuhan keperawatan di Sleman Yogyakarta, (tesis). Perpustakaan FIK-UI.

Price, S.A., & Wilson, L.M. (2006). Patofisiologi konsep klinis proses penyakit,Edisi 6. Jakarta : EGC.

Riset Kesehatan Dasar (2013) Badan penelitian dan pengembangan kesehatan kemenkes RI Tahun 2013

Snyder, M. dan Lindquist, R. (2002). Complementary/ alternative therapies in nursing, (4th ed). New York : Springer Publishing Company

Smeltzer, S.C. dan bare, B.G. (2008). Buku ajar keperawatan medikal bedah

Brunner & suddarth, (edisi 8). Jakarta : EGC.

Tomey, AM., dan Alligood, MR., (2006). Nursing Theorists and Their Work, (6th edition). Elsevier Mosby.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.