HUBUNGAN OPTIMISME DENGAN MEKANISME KOPING PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI STIKES MUHAMMADIYAH KUDUS DALAM MENGHADAPI SKRIPSI

Anny Rosiana Masitoh, Erfano Noor Hidayat

Abstract


Latar Belakang : Mahasiswa pada umumnya ialah sebagai remaja akhir atau dewasa awal yaitu 18-21 tahun atau 22-24 tahun. Mahasiswa akan megalami masa kuliah disuatu perguruan tinggi selama minimal 3-4 tahun dan akan mengakhiri masa kuliahnya dengan menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan untuk menjadi sarjana. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan tetapi juga tidak. Skripsi dapat melatih kesabaran mahasiswa disamping itu juga membuat mahasiswa dapat berfikir cepat dan kritis. Tetapi juga dapat menimbulkan stress yang membuat mahasiswa merasa tidak percaya diri untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan optimisme dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir di stikes muhammadiyah kudus dalam menghadapi skripsi. Metode : Jenis penelitian analitik korelasional. Metode pendekatan menggunakan cross sectional. Populasi pada penelitian ini Mahasiswa di Stikes Muhammadiyah Kudus sebanyak 45 orang. Alat ukur  yang di gunakan berupa kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan uji spearman. Hasil Penelitian : Penelitian tentang optimisme dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir di stikes muhammadiyah kudus dalam menghadapi skripsi menunjukkan ada hubungan optimisme dengan mekanisme koping dengan p value 0,02 . Kesimpulan : Ada hubungan optimisme dengan mekanisme koping pada mahasiswa tingkat akhir di stikes muhammadiyah kudus dalam menghadapi skripsi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v9i1.409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.