HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN PEDIKULOSIS DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL KHOIR PRAWOTO SUKOLILO PATI

Ns Sukarmin M.Kep, Zainal Fanani, Aji Tetuka

Abstract


Latar Belakang:  Pediculosis merupakan infeksi kulit/rambut pada manusia yang disebabkan parasit obligat Pediculus Humanus . Hasil wawancara awal dan pemeriksaan fisik dari 10 santri terdapat 7 santri Pondok Pesantren Miftahul Khoir Prawoto Sukolilo Pati mengalami pediculosis.

Tujuan Penelitian: Mengetahui  adanya hubungan personal hygiene dengan kejadian pediculosis di  pondok pesantren Miftahul Khoir Prawoto Sukolilo Pati.

Metode Penelitian: metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif korelatif yaitu untuk  menggambarkan  hubungan antara Personal Hygiene  dengan Kejadian Pediculosis. penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional mengambil 32 santri di asrama  pondok pesantren Miftahul khoir Prawoto Sukolilo dengan total sampling.

Hasil: : Personal Hygine santri di  Pondok Pesantren Miftahul Khoir Prawoto Sukolilo mayoritas buruk  sebanyak 19 (59,4 %), kejadian Pediculosis sebanyak 21 orang  (65,6 %).

Kesimpulan : Ada hubungan antara personal hygine dengan kejadian pediculosis di Pondok Pesantren Miftahul Khoir Prawoto Sukolilo dengan Nilai p 0,040  (α : 0,05)

Kata Kunci: Personal Hygiene, Pediculosis, santri Pondok Pesantren Miftahul Khoir

Daftar Pustaka: 2003-2008


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v2i1.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.