PENGARUH AFIRMASI POSITIFTERHADAP PENURUNAN NYERIPADA PASIEN POST OPERASI BPH

sukesih sukesih, Elsye Maria Rosa

Abstract


Latar Belakang: Masalah nyeri merupakan masalah yang sering dialami oleh pasien post operasi BPH. Salah satu penatalaksanaan non farmakologi adalah pemberian afirmasi positif yang bertujuan untuk mempengaruhi pikiran bawah sadar sehingga rangsangan nyeri teralihkan.

Tujuan penelitian:Untuk mengetahui pengaruh afirmasi positif terhadap penurunan nyeri pada pasien post operasi BPH. 

Metode Penelitian:Jenispenelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan analisis data menggunakan uji time series, instrument nyeri menggunakan VAS dan instrument afirmasi positif menggunakan buku kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 pasien post operasi BPH yang terdiri dari 15 kelompok intervensi dan 15 kelompok kontrol dengan tehnik total sampling.

Hasil penelitian: Hasil uji time series nilai mean absolute persentage error (MAPE)padapenurunannyeri pre harike 1 sebelumafirmasi 5,582, post harike 1 sesudahafirmasi 10,867, post harike 2 sesudahafirmasi 15,461, post harike 3 sesudahafirmasi 20,461, post harike 4 sesudahafirmasi 30,384 mendekati 1 yang artinya nilai model peramalan terdapat penyesuaian yang besar untuk setiap kesalahan yang terjadi pada nilai model ramalan sebelumnya sehingga hasil perlakuan afirmasi positif mempengaruhi secara signifikan terhadap penurunan nyeri.

 

Kesimpulan: Ada pengaruh afirmasi positif terhadap penurunan nyeri pada pasien post operasi BPH

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v2i1.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.