PENGARUH PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN PERAWTAN KEBERSIHAN DIRI PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB PURWOSARI KUDUS TAHUN 2015

Anny Rosiana Masitoh, Novi Tiara

Abstract


Latar Belakang : Retardasi mental merupakan suatu keadaan (IQ dibawah 70) disertai dengan keterbatasan dalam area fungsi adaptif, seperti kemampuan komunikasi, perawatan diri (videbeck, 2008). Dinsos kudus, penderita retardasi mental tahun 2011-2012 sebanyak 342 orang. Perawatan diri pada anak  retardasi mental rendah, yaitu 40 (61,6%), sedangkan sisanya tinggi sebanyak 25 (38,4%) (Ramawati, 2012). Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap kemampuan perawatan kebersihan diri pada anak retardasi mental di SDLB Purwosari Kudus Tahun 2015. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pretest-post test group design. Subyek dalam penelitian ini adalah anak retardasi mental yang berjumlah 24 orang. Pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling. Dalam penelitian ini 12 orang sebagai kelompok kontrol dan 12 orang sebagai kelompok intervensi. Psikoedukasi keluarga dilakukan pada kelompok intervensi. Metode analisa data yang digunakan adalah statistic non parametric dengan menggunakan uji wilcoxon test untuk membandingkan skor subyek pada pretest dan posttest dari kelompok kontrol dan intervensi. Hasil Penelitian : Penelitian tentang pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap perawatan kebersihan diri pada anak retardasi mental di SDLB purwosari Kudus menunjukkan hasil bahwa pada kelompok intervensi p value < 0,05 yakni sebesar p = 0,002. Kesimpulan : Ada pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap perawatan kebersihan diri pada anak retardasi mental di SDLB Purwosari Kudus Tahun 2015 uji wilcoxon test (p= 0,002)


Full Text:

PDF

References


Asra, Yulita. ((2013). Efektifitas Psikoedukasi Pada Orang Tua Dalam Meningkatkan Pengetahuan Seksual Remaja Retardasi Mental Ringan Volume 9 Nomor 1.

Lestari, Arena. (2011). Pengaruh Terapi Psikoedukasi Keluarag Terhadap Pengetahuan Dan Tingkat Ansietas Keluaraga Dalam Merawat Anggota Keluarga Yang Mengalami Tuberculosis Paru Di Kota Bandar Lampung

Rahayu, Desi. (2011). Pengaruh Psikoedukasi Keluarga Terhadap Dukungan Psikososial Keluarag Pada Anggota Keluarga Dengan Penyakit Kusta Di Kabupaten Pekalongan.

Ramawati, Dian. (2011). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

Sandra, M. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat : Metode Pembelajaran Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Katahati

Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, hal. 266-271

Suerni, dkk.(2013). Penerapan Terapi Kognitif Dan Psikoedukasi Keluarga Pada Klien Harga Diri Rendah Di Ruang Yudistira Rumah Sakit Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor Tahun 2013.

Videbeck, Sheila L.2008.Buku Ajar Keperawatan Jiwa .(Renata Komalasari, dkk, penerjemah). Jakarta : EGC

Varcarolis, E.M. (2006). Psychiatric Nursing Clinical Guide; Assesment Tools and Diagniosis. Philadelphia:W.B Saunders Co




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v2i1.263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.