PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG TEKNIK MENYUSUI DENGAN METODE PERAGAAN DAN VIDEO

Adinda Putri Sari Dewi, Siti Mutoharoh, Wulan Rahmadhani

Abstract


Latar Belakang Menyusui merupakan suatu cara pemberian makanan yang ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2010 dijelaskan bahwa 67,5% ibu yang gagal memberikan ASI eksklusif kepada bayinya karena kurangnya pemahaman ibu tentang teknik menyusui yang benar. Perilaku menyusui yang salah dapat mengakibatkan putting susu menjadi lecet. Penggunaan media dalam pendidikan kesehatan dapat berpengaruh besar dalam penyerapan informasi yang disampaikan sehingga dapat menigkatkan pengetahuan dan kemampuan ibu menyusui. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode peragaan dan video untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pada ibu postpartum. Metode Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang dilakukan pada 5 ibu bersalin primipara di Praktek Bidan Mandiri (PMB) Aning. Proses pemberian  pendidikan kesehatan  tentang  teknik menyusui dengan menggunakan metode  peragaan dan video  dilakukan  2  kali pertemuan pada hari ke-1 dan ke-3 postpartum. Hasil penelitian menunjukan pendidikan kesehatan tentang teknik menyusui dengan metode peragaan dan video dapat meningkatkan pengetahuan ibu menyusui sehingga meningkatkan kemampuan ibu menyusui. Kesimpulan penelitian ini adalah metode peragaan dan video dapat meningkatkan pengetahuan ibu menyusui sehingga meningkatkan kemampuan ibu menyusui.


Full Text:

PDF

References


Amelia NR, Rahmalia S. Efektifitas pendidikan kesehatan tentang asi terhadap tingkat pengetahuan, kemampuan dan motivasi menyusui primipara. Jurnal Ners Indonesia. 2012;2(2):192-9

Dewi AP, Sulastri E, Waladani B. Pembentukan Kelompok Ibu CERDAS (Ceria Dengan ASI) dalam Mensukseskan Asi Eksklusif. Proceeding of The URECOL. 2019 Oct 21:51-4.

Handayani L, Yunengsih Y, Solikhah S. Hubungan pengetahuan dan teknik menyusui dengan pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Pengasih II Kabupaten Kulonprogo. Kesmas Indonesia. 2014 Jan 30;6(3):232-9.

Harsismanto J, Oktavidiati E, Astuti D. Pengaruh pendidikan kesehatan media video dan poster terhadap pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan penyakit diare. Jurnal Kesmas Asclepius. 2019 Jun 29;1(1):75-85..

Pratiwi A. GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan. 2018;9(3).

Setyaningsih FT, Farapti F. Hubungan Kepercayaan dan Tradisi Keluarga pada Ibu Menyusui dengan Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Sidotopo, Semampir, Jawa Timur. Jurnal Biometrika dan Kependudukan. 2018;7(2):160-7.

Subekti R. Teknik Menyusui yang Benar di Desa Wanaraja, Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ. 2019 Jan 30;6(1):45-9.

Sulistianingsih A. FAKTOR RISIKO YANG BERPENGARUH TERHADAP TEKNIK MENYUSUI PADA IBU NIFAS. Gaster. 2018 Oct 9;16(2):117-26.

Vidayanti V, Wahyuningsih M. Efektifitas Konseling laktasi Terhadap Efikasi Diri dan Kemampuan Menyusui Ibu pasca Bedah Sesar. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta. 2017 May 5;4(2):154-62.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v5i2.1270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.