PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI STRATEGI MARKETING RUMAH SAKIT

Jeki Pornomo, Irma Febri Mustika

Abstract


Pada awal tahun 2020 pengguna media sosial di dunia mengalami peningkatan menjadi 3.8 miliar dan jumlah orang yang mengakses atau menggunakan internet lebih dari 4,5 miliar. Rumah sakit yang menggunakan media sosial sejak pandemic Covid-19 juga semakin meningkat dan didukung oleh revolusi 4.0. Tujuan : Untuk Mengetahui Gambaran Penggunaan Media Sosial di Rumah Sakit Tahun 2020. Metode : Metode kajian sistematis ini dibuat dengan menggunakan metode PRISMA dengan mengkaji dari artikel yang relevan yang diterbitkan dari tahun 2019-2020 yang bersumber dengan menggunakan Google Scholar dan PubMed. Kriteria inklusi adalah artikel jurnal penelitian mengenai penggunaan media sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit, Kata Kunci "Media Sosial", "Rumah Sakit" a (Rumah Sakit dan "Pemasaran"). Artikel lengkap dapat diakses, diterbitkan 2019- 2020. Tinjauan basis data elektronik dua hari, 6 November 2020- 07 hari disaring secara mandiri dan kolektif oleh penulis. Setelah seleksi studi dan ekstraksi data, temuan artikel disintesis dalam sintesis naratif. Artikel yang dipilih dalam kajian sistematis ini sebanyak 8 artikel. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan yang sinigfikan pada pemasaran rumah sakit setelah menggunakan media sosial terutama dalam meningkatkan pangsa pasar dengan komunikasi interaktif dengan pasien dalam membuat konten kesehatan yang menarik guna meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan visi dan misi. Dalam pemasaran rumah sakit menjadikan keharusan dalam penggunanaan media sosial, bahkan rumah sakit menggunakan lebih dari 1 (satu) platform media sosial. Media sosial ini digunakan rumah sakit sebagai salah satu strategi rumah sakit untuk mempengaruhi reputasi meningkatkan kepercayaan dan sharing pengetahuan kesehatan kepada pasien.

Full Text:

PDF

References


Sugawara Y, Murakami M, Narimatsu H. Use of social media by hospitals and clinics in Japan: Descriptive study. JMIR Med Informatics. 2020;8(11):1-19. doi:10.2196/18666

Vionita L, Prayoga D. Penggunaan Media Sosial selama Pandemi Covid-19 dalam Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Kabupaten Tangerang. Media Kesehat Masy Indones. 2021;20(2):126-133.

SA MF, Pujiyanto P. Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review. J Ilm Kesehat Masy Media Komunitas Kesehat Masy. 2021;13(2):100-108. doi:10.52022/jikm.v13i2.149

Putri A, Prayoga D. Pemasaran Sosial menggunakan Media Sosial dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19: Tinjauan Literatur. Media Kesehat Masy Indones. Published online 2021:144-149. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkmi/a rticle/view/36754

Leawaty, Sulistiadi W. Hubungan BauraLoyalitas Pelanggan : Systematic Review Relationship of Marketing Mix with Customer Loyalty : Systematic Review. J ARSI/. 2018;5:16-24.

Parendreng, Tasnim, Kamalia LO. Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. Promot J Kesehat Masy. 2019;9(2):159-169.

Soedarso SW. Marekting Manajemen Rumah Sakit. (Hamidin AS, ed.). Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari; 2015. https://suryaengrianih.wordpress.com/2017/0 6/04/bauran-pemasaran-7p/

Setianingsih A. Hubungan Bauran Pemasaran

dan Layanan Pelanggan dengan Loyalitas Pasien. J Ilmu Kesehat Masy. 2018;7(01):51-62. doi:10.33221/jikm.v7i01.52

Suryaengrianih. Bauran Pemasaran 7P. Published online 2017. https://suryaengrianih.wordpress.com/2017/0 6/04/bauran-pemasaran-7p/

Melia JF. Rancangan Pengembangan Digital Marketing Di RSGM Maranatha Bandung dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien. Institutional

Repos Sci Journals. Published online 2021.

Aguerrebere PM. Twitter’s impact in building reputed hospital brands in USA. Observatorio. 2020;14(4):63-77. doi:10.15847/obsOBS14420201531

Kusumawardani DA, Werdani KE. Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Program Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewadi Surakarta. CDeminar Nas Kesehat Masy UMS. Published online 2019:152-160. doi:10.1007/1-4020- 0613-6_9105

Azmi U. Cyber Branding Rumah Sakit Jiwa Daerah dr Arif Zainudin Surakarta melalui Instagran dan Website dalam Meningkatkan Informasi Pelayanan Publik. 2020;4(1):1-9.

Cahyaningsih NW, Setyawan D, Noor FM. Efektivitas Informasi Media Sosial : Survey pada Informasi layanan Rumah Sakit di Surakarta. Media Akutansi. 2020;32(01):107- 118.

Harmen EL, Semiarty R, Lita RP. Model Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (1) (2022): 302-308 308 Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Rumah SakitModel Keterkaitan Persepsi Nilai, Citra Merek, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit.

J Manaj Dan Kewirausahaan. 2020;8(2):216-225. doi:10.26905/jmdk.v8i2.50


Refbacks

  • There are currently no refbacks.