POTENSI LEARNING LOSS PADA PEMBELAJARAN DARING

Dhina Cahya Rohim, Manggalastawa Manggalastawa

Abstract


Pandemic covid – 19 masih berlangsung sampai saat ini membuat pelajar maupun mahasiswa harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Kondisi yang berlangsung ini secara terus menerus dikahwatirkan akan terjadi learning loss atau hilangnya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa secara akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisa tentang proses, kelebihan dan kelemahan serta potensi learning loss yang terjadi akibat pembelajaran secara daring. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa dan dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Kudus. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket, observasi dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) proses pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan beberapa platform diantaranya Google Meet, Zoom meeting, dan WhatsApp; 2) kelebihan pembelajaran daring bagi mahasiswa adalah waktu belajar yang cenderung fleksibel serta kemandirian belajar, sedangkan kelemahan pembelajaran daring bagi mahasiswa adalah akses jaringan dan rendahnya interaksi antara dosen dengan mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan mahasiswa; 3) potensi learning loss yang terjadi selama pembelajaran daring antara lain rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan, waktu belajar terbatas, kurangnya konsentrasi serta tidak dapat menjelaskan materi perkuliahan secara tuntas. 


Full Text:

PDF

References


Alchamdani, A., Fatmasari, F., Rahmadani Anugrah, E., Putri Sari, N., Putri, F., & Astina, A. (2020). The Impact of Covid19 Pandemic on Online Learning Process in the College at Southeast Sulawesi. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 12(1si), 129. https://doi.org/10.20473/jkl.v12i1si.2020.129-136

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang, (2), 485–501. Retrieved from http://snastep.com/proceeding/index.php/snastep/index

Assiddiqi, D. R., & Soeryanto. (2021). Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar (Learning Loss) dan aAlternatif Solusinya: Kajian Kasus Pembelajaran Online di Era Pandemi covid-19 Jurusan Teknik Mesin UNESA. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(3), 47–45.

Astuti, E. R. P., & Baysha, M. H. (2021). Analisis Keunggulan dan Kelemahan Pembelajaran Daring di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendididkan Mandalika. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, Dan Pengembangan Pembelajaran, 2(3), 92–100.

Diva, A. S., Chairunnisa, A. A., & Mufidah, T. H. (2021). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Andi. Current Research in Education: Series Journal, 01(01), 1–10.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154–160. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 99–106. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.274

Putra, R. A., Nurdiansyah, N., Futra, D., & Primahardani, I. (2021). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh (online) Mahasiswa Calon Guru IPA di Kota Pekanbaru pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 94. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.12744

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Setyawan, F. H. (2021). Small Group Learning : Solusi Belajar pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Modern, 07(01), 20–25.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khus(1), 1410–9794. Retrieved from http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Timah, S. (2021). Hubungan Penyuluhan kesehatan dengan Pencegahan covid 19 di Kelurahan kleak kecamatan Malalayang Kota Manado. Indonesian Journal of Community Dedication, 3, 7–14. Retrieved from http://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/community/article/view/432

Wahyudin, D., & Online, P. (2021). RAHMATULLAH TULUNGAGUNG TERHADAP. 9(November), 417–430. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.2.417-430


Refbacks

  • There are currently no refbacks.