FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT ANGGOTA PADA SIMPANAN BERJANGKA BMT MUBARAKAH KUDUS

Yusrin Sa'idi, Supardi Supardi, Nurani Puspa Ningrum

Abstract


Latar Belakang: Perkembangan perekonomian Islam di Indonesia saat ini semakin meningkat mulai dari industri perbankan syariah, terutama lembaga keuangan non bank syariah. sejumlah lembaga keuangan syariah mulai memberikan pelatihan dalam bidang keuangan Syari’ah bagi para stafnya. Sebagian lembaga keuangan syariah tersebut ingin mencapai serta membuka defisi atau cabang Syari’ah dalam institusinya, sebagian lainnya bahkan berencana mengkonversi menjadi lembaga keuangan yang berlandaskan prinsip syariah. Oleh karena itu, lembaga keuangan syariah non bank berdiri salah satunya Baitul Maal Wat Tamwil. Baitul Maal Wat Tamwil merupakan lembaga keuangan syariah non bank yang berorientasi sosial keagamaan yang kegiatan utamanya menampung dana atau modal serta menyalurkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan modal berdasarkan prinsip Al-Qur’an dan As-sunnah Implementasi di BMT Mubarakah kudus mengenai kualitas produk simpanan berjangka setiap tahunnya meningkat, hal ini mengenai nisbah bagi hasil simpanan berjangka BMT Mubarakah Kudus sebagai berikut: nisbah bagi hasil yang didapatkan oleh angota berbeda-beda setiap bulannya. Metode: Penelitian ini menetapkan anggota simpanan berjangka BMT Mubarakah Kudus sebagai responden berjumlah 30 anggota simpanan berjangka. Adapun teknik pengambilan sampel dengan sampling sensus yang berjumlah 30 anggota simpanan berjangka. Penelitian ini dilaksanakan di BMT Mubarakah Kudus Jl. Kudus-Purwodadi Km.8 Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan peneliti harus mengumpulkan secara langsung melalui teknik observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Sedangkan analisis data menggunakan uji instrument meliputi uji vaiditas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik meliputi uji multikolonieritas, uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji simultan uji f dengan berbantuan software analisis data SPSS. Kesimpulan: bagi hasil, promosi, penghargaan, dan kualitas produk ada pengaruh secara simultan dengan minat anggota. dibuktikan dengan hasil pengujian statistik bagi hasil, promosi, penghargaan, dan kualitas produk dengan minat anggota BMT Mubarakah Kudus menunjukkan nilai F hitung 35,975 dengan nilai F tabel 2,84 dan berdasarkan tingkat signifikan sebesar 0,05. Hal ini berarti F hitung lebih besar dari F tabel (35,975 > 2,84). Maka dapat diartikan bahwa bagi hasil, promosi, penghargaan dan kualitas produk ada pengaruh secara simultan dengan minat anggota

Full Text:

PDF

References


Achmadi Abu, dan Narbuko Cholid., 2009. Metodelogi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara.

Ali, Muhammad. 2011. Memahami Riset Prilaku dan Sosial. Bandung: Pustaka. Cendekia Utama.

A.A, Alimul, Hidayat., (2010). Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif,

Jakarta: Heath Books.

Anwari Muhammad Ulya ., Khuzaini, & Setia Noor, A. (2020).

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN MELALUI PENGARUH KUALITAS 68 PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA, STUDI KASUS CV.TRIO MOTOR TANJUNG.

Anggita, Imas Masturoh & Nauri. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: 307.

Darmmesta, Basu. Swastha., (2012). Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.

Ermawati, Citra dan Sidiq, Asah. Wiari., 2021. Tentang Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah PT Bank (Persero) TBK KCP Kendal Boja. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi.

Ghozali, 2016 Tentang Aplikasi Analisis Multivariete dengan SPSS.

Habibah, Atika. Ulum, Khozainul., 2021. Tentang Pengaruh Pemberian Bonus Pada Tabungan Simaster Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BMT Mandiri Sejahtera Cabang KedungPring Lamongan. Jurnal Perbankan Islam.

Ismail., 2016. Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Karim, Adiwarman. A., (2013). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT.

Raya Grapindo Persada.

Komaruddin, Ahmad., 2014. Akuntansi Manajemen. Dasar-Dasar Konsep Biaya dan

Pengambilan Keputusan. Rajagrafindo. Jakarta.

Kadarisman.2012.“Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Morissan, A. M., (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu.

M,F. Laksana., 2019, tentang Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV. Al Fath Zumar.

Masrukin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Mibarda Pbubishing dan Media ilmu press, Kudus, 2015.

Nizar, muhammad., 2017. Tentang pengaruh ekuivalen nisbah bagi hasil tabungan, deposito dan Frekuensi Pencairan Pembiayaan Murabahah Terhadap Jumlah Nasabah Baru di BMT Al Yasini Wonorejo Pasuruan. Jurnal Ekonomi Islam.

Orville, Mullins. Boyd and Larreche., 2014. Marketing Management: A Strategic, Decision Making Approach. 6 th Edition. New York: McGraw-Hill

Sofjan, Assauri.,2020. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi

Pertama. PT Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Syafi’i, Antonio. Muhammad., 2001. Bank Syariah Dari Teori ke Praktik. Gema. Insani Press.

Phillip, Kotler dan Keller, Kevin. Lane K., (2019). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks.

Robert, M. Mathis. dan John, Jackson. H., 2006 tentang Human Resource Management: Manajemen SumberDaya Manusia. Terjemahan Dian Angelia.

Ridwan Muh, 2004.Manajemen Baitul Maal wa Tanwil (BMT), Yogyakarta: UII Press.

Ririn, Rosyidi., 2020 tentang buku monograf pengendalian kualitas. pengertian kualitas produk.

Ray, Michael., 2010. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Terpadu, Jakarta: Prenada media group.

Roni, Abdul., 2019. Tentang Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Muara Bungo. Jurnal Ekonomi Islam.

Risal, Taufiq dan Alexander, Austin., 2019. Tentang Pengaruh Persepsi Bagi Hasil, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama. Jurnal Samudra Ekonomika

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta. Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Swarjana (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-undang No. 21 tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.

Undang-Undang No.7 Tahun 1992 tentang perbankan yang menjadi pedoman diberlakukannya perbankan syariah dalam nuansa perbankan nasional

Undang-undang No. 38 Tahun 1998 tentang menyaluran zakat kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat)

Wawancara dengan Manager BMT Mubarakah Kudus, tanggal 23 november 2022.

Winanti, Wiwin. Bahri, Saepul. Nurbaeti, Ayi. Novita, Diana., 2021. Tentang Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Amanah di BMT Purwakarta Amanah Sejahtera. Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan.

Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno.(2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabet. Cendekia Utama.

Zamir Iqbal, dkk. 2018. Pengantar Keuangan Islam Teori dan Praktik. Jakarta:Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.