UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD DENGAN PEMBELAJARAN BERBASISI PERMAINAN TRADISONAL (ENGKLEK)

Ade Ima Afifa Himayati, Yoga Awalludin Nugraha, Muhammad Aris Prasetyo, Ika Tristanti, Yulisetyaningrum Yulisetyaningrum

Abstract


Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik atau penguatan yang dilandasi tujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Kurangnya motivasi belajar siswa dapat terjadi akibat beberapa hal, salah satunya kurangnya inovasi dari guru dalam pelaksanan pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa ini terjadi juga di SD Negeri 1 Loram Kulon. Berdasarkan permasalahan tersebut, pelaksanaan pengabdian masayrakat di SD Negeri 1 Loram Kulon ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pembelajaran berbasisi permainan tradisional (engklek); dan (2) sedangkan untuk guru diharapkan dapat menerapkan Pernainan Tradisonal (Engklek) Sebagai Media Pembelajaran. Maka dari pelaksanaan pengabdian masyrakat ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada guru maupun siswa.

Full Text:

PDF

References


Ardhika, D.F. 2015. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Jeruk Kabupaten Blora Tahun 2013/2014”. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. 4 (1): 1053-1053.

Dharmamulya, S. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.

Febrian & Supriyono. 2013. “Pembelajaran TGT Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif”. UNNES Journal of Mathematics Education. 2 (2): 16-24.

Hapidin & Yenina. 2016. “Pengembangan Model Permainan Tradisional dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 10 (2): 201-212.

Hidayat, D. 2013. “Permainan Tradisional Dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat”. Jurnal Academica Fisip Untad. 5 (2): 1057-1070.

Kurniati, E. 2006. “Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional”. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (2): 97-114.

Kurniati, E. 2016. Permainan Tradisional dan Peranannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kencana.

Lestari, P.I & Prima, E. 2017. “The Implementation of Traditional Games to Improve the Social Emotional Early Childhood”. Journal of Educational Science and Technology. 3 (3): 178- 184.

Nugraha, Yoga, A., Eko, H., & Sri, Sulistyorini. 2018. Traditional Game On The Social Skill Of Students In

The Social Science Learning Of Elementary School. Journal of Primary Education, 7 (2): 220-227.

Nugraha, Yoga, A., & Manggalastawa. 2021. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7 (1): 31-37.

Rahmawati, Ami. 2009. Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-3 Tahun. Bandung.Sandiarta Sukses.

Risdiyanti, I., & Rully, C. 2018. “Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa”. Journal of Medives. 2 (5): 1-11.

Sahrudin, A & Trisnawati. 2018. “Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik MA Global School”. Supremum Journal of Mathematics Education. 2 (1): 32-43.

Widodo, P & Lumintuarso, R. 2017. “Pengembangan Model Permainan Tradisional Untuk Membangun Karakter Pada Siswa SD Kelas Atas”. Jurnal Keolahragaan. 5 (2): 183-193.

Wulansari, B. Y. 2017. “Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal. 2 (1): 1-11.




DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v4i2.1692

Jurnal Abdimas Indonesia indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.