PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA PRA SEKOLAH

indanah indanah, Yulisetyaningrum Yulisetyaningrum

Abstract


Perkembangan sosial emosional anak merupakan perkembangan tingkah laku pada anak dimana anak diminta untuk menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Dengan kata lain, perkembangan sosial merupakan proses belajar anak dalam menyesuaikan diri dengan norma, moral dan tradisi dalam sebuah kelompok. Banyak faktor yang berpengaruh dalam perkembangan sosial emosional anak. Faktor tersebut antara lain faktor Hereditas/Genetis/Keturunan, faktor Lingkungan, faktor Umum/interaksionisme antara genetis dan lingkungan.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan jenis kelamin, jumlah saudara, Pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, tipe keluarga dan pola asuh keluarga  dengan perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah di Desa Kramat Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki anak usia pra sekolah di Desa Kramat Kecamatan Dempet Kabupaten Demak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik stratified Random Sampling dengan jumlah 84 responden.

Hasil dan kesimpulan dalam penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin, jumlah saudara, Pendidikan orangtua, pendapatan orangtua, tipe keluarga dan pola asuh keluarga  dengan perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah dengan nilai p value sebesar < 0.05.

Kata Kunci: Perkembangan social emosional anak prasekolah


Full Text:

PDF

References


Augusta. 2012. Pengertian Anak Usia Dini. Diambil dari http://infoini.com/pengertiananak usia dini diakses tanggal 17 Februari 2012.

Dwi Yulianti. 2010. Bermain sambil Belajar Sains di taman kanak-kanak. Jakarta:PT indeks

Femmi Nurmalitasari. 2015. Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah, Volume 23, No.2, Desember.

Hungu. 2007.Pengertian Jenis Kelamin. Dapat dibuka pada situshttp://www.scribd.com/doc/143354392/BAB-II-Tinjauan-Gender.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.Joanne P. M. Tangkudung. Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin Dalam Menunjang Studi Mahasiswa Fisip Universitas Sam Ratulangi . Journal “Acta Diurna” Volume III. No.4. Tahun2014.

Mansur, 2013, pendidikan anak usia dini, Yogyakarta: pustaka pelajar

Muhibbin Syah. 2013, Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru , BandungPT Remaja Rosdakarya.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Pedoman Pewawancara PetugasPengumpul Data. Jakarta: Badan Litbangkes, Depkes RI, 2013

Briggs. (2012). Masa Perkembangan Bayi Hingga Memasuki Anak Usia Dini.

Budiharjo. (2010). Sekolah Pintu masuk Perbaikan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat.

Fida. (2012). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah

Meggit, Carolyn. (2013). Memahami Perkembang Anak

Potmonodewo. (2009). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Kamaliah Kuto Baro Aceh Besar.

Suryadi. (2010). Cara Ekfektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta : EDSA Mahkota.

Kartini Kartono (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami Munandar. (2010). Bakat dan Potensi Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Zulkifli L. (2009). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.