WELL-BEING DAN STRATEGI KOPING; STUDI SOSIODEMOGRAFI DI GETASAN

Desi, Ayub Prabowo, Bagus Panuntun Sukma Adi

Abstract


 

Abstak

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keadaan sosiodemografi (usia, jenis kelamin, status pernikahan, latar belakang pendidikan, jenis pekerjaan dan pendapatan per bulan), tingkat well-being dan strategi koping masyarakat di Dusun Bumiayu Rt 02 Rw 05. Sebanyak 50 responden diminta untuk mengisi kuisoner yang dibagikan serta memperhatikan kriteria responden. Pengambilan data menggunakan teknik survei dengan alat bantu kuesioner. Terdapat 3 instrumen yang digunakan yaitu: Scale of Positive and Negative Experience (SPANE) untuk mengukur afek positif dan negatif, Posithif Thinking Scale (PTS) untuk mengukur pemikiran positif dan negative dan Scale of Psychological well-being (PWB) untuk mengukur kesejahteraan psikologis responden. Untuk mencari tahu tentang pemilihan strategi koping, peneliti menggunakan pertanyaan singkat sebanyak 11 pertanyaan. Hasil penelitian di dapatkan umur yang paling tinggi dalam 17-25 tahun (26%), jenis kelamin yang paling banyak perempuan (56%), latar belakang pendidikan yang paling banyak adalah SMA (34%), pekerjaan yang dominan sebagai petani (34%), pendapatan perbulan yang paling banyak adalah Rp 500.000 – Rp. 1.500.000 (44%), responden rata-rata dalam status menikah (72%). Untuk tingkat well-being (SPANE) yang paling banyak adalah responden yang sering mengalami afek positif sebanyak (62%). Sedangkan tingkat well-being (PTS) yang paling dominan adalah responden yang memiliki pemikiran paling positif (90%). Untuk tingkat well-being (PWB) yang paling banyak adalah responden yang memiliki kesejahteraan psikologis tinggi dan sedang (42%). Terdapat hubungan antara well-being dengan sub variable sosiodemografi yaitu pendidikan. Untuk sub variable sosiodemografi yang tidak berhubungan adalah umur, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatam, status pernikahan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa tidak semua sub variable sosiodemografi terdapat hubungan dengan well-being.

 

Kata kunci: well-being, strategi koping, sosiodemografi


Full Text:

PDF

References


BPS. (2015). Indeks Kebahagiaan Jawa Tengah 2014. Berita Resmi Statistik Provinsi Jawa Tengah, (15), 1–5.

BPS. (2016). Kecamatan Getasan Dalam Angka.

Diener E. (2009). New Measures of Well-beingDiener E. (eds) Assesing Well-being. Social Indicator Research Series, 39.

Edi Setiawan, E. S. (2006). Implementasi Peran pemerintah Desa dan Masyarakat Desa dalam Meningkatkan Gerakan Gotong Royong. Jurnal Politico.

Froh; J.J, Emmons, R.A., Card, N.A., Bono, G.,& Wilson, J. . (2012). Gratitude and The Reduced Cost of Materialism in Adulescents. Journal of Happiness Studies, 12, 289–302.

Gunarsa, G. (2000). Psikolog Praktis; Anak, Remaja dan keluarga, Jakarta: BPK Mulia.

Kasturi, T., & Ph, D. (2016). Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Masyarakat Indonesia : Tinjuan Psikologi Islam, 1(1).

Maryam. (2007). Strategi Koping Keluarga yang Terkena Musibah Gempa dan Tsunami di Provinsi Nagro Aceh Darusalam. Bogor : Sekolah Pasca Sarjana IPB.

Puspasari. (2013). Strategi Koping, Dukungan Sosial, Dan Kesejahteraan Keluarga Di Daerah Rawan Bencana, Kabupaten Bandung. Dapertemen Ilmu Keluarga Dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Puspitawati. (2006). Pengaruh Faktor Keluarga, Lingkungan Teman dan Sekolah Terhadap Kenakalan Pelajar Di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di kota Bogor. Sekolah Pasca Sarjana. IPB. Bogor.

Seligman, M. E. . (2005). Authentic Happines: Menciptakan Kebahagian Dengan Psikologi Positif, Bandung. Mizah Pustaka.

Soetjipto. (1992). Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Semarang: Satya Wacana Press.

Suhendar. (2014). Religiusitas Dan Kesejahteraan Pada Masyarakat Miskin, 1(2), 1–15.

Suma, S. (2014). Hubungan Karakteristik Kependudukan Dengan Kesejahteraan Keluarga Di Provinsi Jambi, X(2), 71–77.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v9i1.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.