HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KUALITAS TIDUR PADA MAHASISWA

Anny Rosiana Masithoh, Heny Siswanti, Diah Ayu Puji Lestari

Abstract


Latar Belakang: Terdapat banyak kendala yang muncul Saat proses megerjakan skripsi yang dihadapi mahasiswa, hal tersebutlah yang mengakibatkan mahasiswa mengalami gangguan kecemasan dikarenakan proses dalam penyusunan skripsi, Individu yang mengalami kecemasan memiliki tanda dan gejala diantaranya produktivitas menurun, selalu dan waspada, kontak mata buruk, Individu merasa gelisah dan menjadi insomnia (gangguan tidur), salah satu hal yang dapat membantu mahasiswa untuk menghadapi perasaan-perasaan negatif tersebut adalah dukungan sosial dari orang tua, dukungan orang tua memegang peranan yang penting untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dalam penyusunan tugas akhir atau skripsi. pada tanggal 20 0ktober 2021 di Universitas Muhammadiyah Kudus dengan 10 mahasiswa prodi S1 keperawatan tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi diperoleh permasalahan yaitu 8 dari 10 mahasiswa merasa cemas hingga tidur kurang nyenyak karena ada perasaan cemas, mahasiswa mengatakan semenjak mengerjakan skripsi jam tidur mulai berkurang yang awalnya sebelum mengerjakan skripsi bisa tidur pada jam 10.00 WIB malam tapi sekarang baru bisa tidur pada jam 01.00 WIB pagi tetapi terkadang sering terbangun tiba-tiba mahasiswa mengatakan jumlah jam tidurnya hanya 4 sampai 5 jam saja. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kecemasan dan dukungan orang tua dengan kualitas tidur pada mahasiswa S1 keperawatan tingkat akhir yang sedang  menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Kudus. Metode: Jenis penelitian analitik korelasional, penelitian ini dimulai dari pengambilan sampel dari populasi di Universitas Muhammadiyah Kudus Program Studi S1 Keperawatan yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi, kemudian ditentukan sampel dari populasi tersebut dengan tehnik pemilihan sampel menggunakan Random Sampling yakni dengan cara di acak dan didapatkan sampel yang diambil 36 responden, responden tersebut akan dikaji mengenai tingkat kecemasan dan dukungan orang tua dengan menghubungkan kualitas tidur pada mahasiswa S1 keperawatan tingkat akhir yang sedang  menyusun skripsi dengan cara menggunakan kuesioner, Kemudian data yang didapat akan diolah dengan bantuan komputerisasi dan diuji statistika menggunan Uji Spearman Rho. Hasil Penelitian: Sebagian besar tingkat kecemasan adalah kecemasan ringan sebanyak 16 orang (44.4%), Sebagian besar dukungan orang tua adalah mendukung sebanyak 21 orang (58.3%) dan sebagian besar kualitas tidur responden adalah baik sebanyak 21 orang (58.3%). Simpulan: Ada hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa S1 keperawatan tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Kudus dengan nilai p = 0,000 < α 0,05, dan ada hubungan dukungan Orangtua dengan kualitas tidur pada mahasiswa S1 keperawatan tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi di Universitas Muhammadiyah Kudus dengan nilai p = 0,000 < α 0,05


Keywords


kecemasan, dukungan orang tua, kualitas tidur

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, R. (2017). Tidur, irama sirkadian dan metabolisme tubuh. Jurnal Ambarwati, R. (2017). Tidur, irama sirkadian dan metabolisme tubuh. Jurnal Keperawatan, X(1), 42–46.

Apriyanti, M. E. (2017). Peran Pendidikan Agama Dan Perhatian Orang Tua Dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 133–142.

Asrifa, N. D., & Meilla Dwi Nurmala, A. S. P. (2021). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. 2(July), 1–23.

Gunanthi, N., & Diniari, N. (2016). Prevalensi Dan Gambaran Gangguan Tidur Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2015. E-Jurnal Medika Udayana, 5(4), 1–9.

Hartanto, U., & Aisyah, M. N. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 64–73.

Hastuti, R. Y., Sukandar, A., & Nurhayati, T. (2016). Hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa yang menyusun skripsi di STIKES Muhammadiyah Klaten. Jurnal Motorik, 11(22), 9–21.

Hidayat, aziz A. (2013). Kebutuhan dasar Manusia: Aplikasi Konsep Dan Proses Keperawatan. Salemba medika.

Hotijah, S., Dewi, E. I., & Kurniyawan, E. H. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Baru Luar Pulau Jawa Universitas Jember. Journal Pustaka Kesehatan, 9(2), 111–115.

ilham, sukri afrzal. (2014). Pengaruh Posisi Tidur Semifowler Terhadap Kualitas Tidur pada Pasien Asma. Skripsi: STIKES Muhammadiyah Klaten.e.

Murwani, A., & Utari, H. S. (2021). Hubungan Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di Stikes Surya Global Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 6(2), 129.

Notoatmodjo. (2018). Rancangan Penelitian dalam metode penelitian menggunakan Kuantitaif. Desain Penelitian, 53(9), 1689–1699.

Nurhindazah, D., & Kustanti, E. R. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Adversity Intelligence Pada Mahasiswa Yang Menjalani Mata Kuliah Tugas Akhir Di Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Empati, 5(4), 645–652.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v14i1.1668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.