PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF

Hesty Prayekti, Yoga Awaludin Nugraha

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaaran Tematik berbantuan media CD interaktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest posttest. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 1 Piji. Indikator keberhasilan berupa hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor di atas KKM.Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, tes uraian dan lembar observasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, uji gain score, uji t dan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan analisis hasil penelitian tingkat keefektifan pelaksanaan pembelajaran dengan model model pembelajaran tematik berbantuan media CD interaktif adalah 91%. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan menggunakan uji n - gain didapatkan hasil sebesar 0,31% dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tematik berbantuan media CD interaktif dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak dan Deni Darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Dananjaya, Utomo, 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja

Daryanto, (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem

pendidikan nasional.

Hajar, Ibnu. (2013), Kurikulum Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Istanto, Budi. 2007. Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Generasi Penerus.

Yogyakarta: FIP. UNY.

Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. (

https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-users/ )

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto.(2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan

Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.