KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 KELAS IV SD

Yoga Awalludin Nugraha, Hesty Prayekti, M. Tito Wibawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media pilem pendek sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran agar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD pada pembelajarn tema 5. Pelaksanaan kegiatan dilakukakn di kelas IV SD N 1 Piji pada pembelajaran tema 5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data angket/kuisioner (questionnaire). Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran tema 5 dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, yaitu dari 18 siswa, 11 (61%) siswa berminat, 6 (33%) siswa kurang berminat, 1 (6%) siswa tidak berminat. Uji t yang telah dilakukan setelah tindakan diperoleh signifikasi 0.00 lebih kecil dari 0,05, yang artinya bahwa ada perbedaan minat belajar siswa dari sebelum pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media film pendek dengan sesudah pelaksanaan.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2007). Media Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ahmadi, F., Sutaryono, S., Witanto, Y., & Ratnaningrum, I. 2017. Pengembangan Media Edukasi “Multimedia Indonesia Culture” (MIC) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34 (2): 127-136.

Diana, N. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Tenggulunan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3): 257–266.

Dotson, J. M. (2001). Cooperative Learning Structures Can Increase Student Achievement. Kagan Online Magazine.

E. S. Rahayu, & Supriyono. (2014). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas I SDN Ujung X Surabaya,” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (2): 3.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kusumaningrum. (2016). Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 2 (1): 34-42.

Latuheru. (2003). Media Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Mariya, D., Zaenuri, Z., & Pujiastuti, E. (2013). Keefektifan Pembelajaran SAVI Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal Of Mathematics Education, 2(2): 40-47.

Nugrahani, F. 2017. Pengembangkan Bahan Ajar Sastra Berbasis Film Yang Mendukung Pendidikan karakter. Cakrawala Pendidikan, 34 (3) : 472 - 486.

Putra, D. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Chest Pass pada Permainan Bolabasket (Studi pada siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Vol. 02 No. 03 Tahun 2014. 526 - 531.

Qondias, I., Anu, L.E., & Niftalia, I. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Mapping SD Kabupaten Ngada Flores. Jurnal pendidikan Indonesia, 5 (2): 176-182.

Ratminingsih, N. M. 2016. Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5 (1): 27-38.

Robinson, A. (1991). Cooperative Learning And The Academically Talented Student. National Research Center on the Gifted and Talented.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugianto, Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 113–128.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17, 17–33.

Sugianto, Armanto, D., & Harahap, M. B. (2014). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 113–128.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17, 17–33.

Tarigan, F. A. P., & Surya, E. (2017). The Application of Cooperative Learning Model of Jigsaw Type to Increase Activity And Student Learning Results In Learning Phytagoras Theorem. IJARIIE: International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(3), 882–891.

Wahyuni. (2014). Proses Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Grafindo.

Widodo, Sri A, Ayuningtyas, A. D., & Sumarti, S. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Menggunakan Pembelajaran Kolaboratif Tipe Jigsaw. PRISMA, 8(2), 111–123.

Zakaria, E., Solfitri, T., Daud, Y., & Abidin, Z. Z. (2013). Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students ’ Mathematics Achievement. Creative Education, 4(2), 98–100.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.