PERSEPSI TERHADAP KEKAMBUHAN DENGAN ANTISIPASI PASIEN PADA PENCETUS KEKAMBUHAN ASMA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KAYEN KABUPATEN PATI

Ery Yanuar, Warji Warji, Anny Rosiana Masithoh, Supardi Supardi, Sri Lestari

Abstract


Latar Belakang : survey pendekatan dengan cara observasi dan wawancara dengan 5 orang penderita asma di wilayah kerja puskesmas kayen, 4 dari 5 orang mengatakan tidak tahu tentang asma yang dideritanya, penderita mengatakan mereka hanya merasa sesak nafas biasa dan ampeg didada, selain itu penderita juga tidak tahu tentang hal-hal yang menyebabkan kekambuhan asma seperti; kelembaban udara, debu, kecapekan. Para penderita mengatakan sulit bernafas dengan tiba-tiba dan tidak tahu apa penyebabnya. Penderita asma tidak tahu upaya apa yang harus dilakukan agar asmanya tidak kambuh, jika penderita merasakan sesak nafas penderita langsung ke puskesmas, keadaan itu sudah menjadi kebiasaan penderita asma. Rata-rata klien mengalami kekambuhan lebih dari 3 kali dalam setahun dan pengetahuan klien tentang asma masih rendah. Tujuan : tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap kekambuhan dengan antisipasi pasien pada pencetus kekambuhan asma di Wilayah Kerja Puskesmas Kayen  Kabupaten Pati. Metode : jenis penelitian yang digunakan adalah metode metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden yang dipilih secara Purposive Sampling. Untuk menganalisis data menggunakan rank spearman. Hasil : hasil penelitian didapatkan nilai r hitung sebesar 0,800 (sangat kuat) dan ρ value 0,000 kurang dari 0,05 maka hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat persepsi terhadap kekambuhan dengan antisipasi pasien pada pencetus kekambuhan asma di Wilayah Kerja Puskesmas Kayen  Kabupaten Pati.


Full Text:

PDF

References


Aini. Faktor-Faktor Risiko Yang Berpengaruh Terhadap Tingkat Kekambuhan Pasien Asma. Jurnal Kesehatan, 2012.

Andri, Dewi, Y. Teori Kecemasan Berdasarkan Psikoanalisis Klasik dan Berbagai Mekanisme Pertahanan terhadap Kecemasan. 57,7. http://www.researchgate.net/publication/ 210277782_ Anxiety_ Theory_ Based_On_Classic_Psychoanalitic_and_Types_Defense_ Mechanism_To _Anxiety. Diakses 4 April 2012.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta, 2016.

Asmadi. Konsep Dasar Keperawatan. EGC, Jakarta, 2018.

Asrori, Mohammad. Psikologi Pembelajaran. CV Wacana Prima, Bandung, 2014.

Boyd & Nihart. Psychiatric Nursing Contemporary Practice. Lippincott: Raven Public Hers, 2012.

Chang Esthe, John Daly And Doug Elliot. Patofisiologi: Aplikasi Pada Praktik Keperawatan. Alih Bahasa Andry Hartono, EGC, Jakarta, 2010.

Corwin. Buku Saku Patofisiologi. EGC, Jakarta, 2009.

Cut Husna. Upaya Pencegahan Kekambuhan Asma Bronchiale Ditinjau Dari Theory Health Belief Model Di RSUD Banda Aceh, 2014.

Deswita. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya Divisi Paru Bagian/SMF Ilmu Penyakit Dalam FK UNUD/RSUP Sanglah.Ed). (Terjemahan oleh Petra Adrianto, 2001). Penerbit Buku Kedokteran EGC. Jakarta, 2011.

Devi P. Gizi Anak Sekolah. PT.Kompas Media, Jakarta, 2012.

Dorland. Kamus Saku Kedokteran Dorland (28 ed.). Alih Bahasa : Hartanto, W. K, EGC, Jakarta, 2012.

GINA. Global Initiative for Asthma. Guidelines : May: 5(3) : 239-49, 2009.

Halim Danukusantoso. Buku Saku Ilmu Penyakit Paru. Penerbit Hipokrates, Jakarta, 2012.

KBBI. Arti Kata Kekambuhan. https://id.wikipedia.org/wiki/Kamus_Besar _Bahasa_Indonesia, 2013. Diakses 22 Desember 2018.

Keliat, B.A.. Peran Serta Keluarga Dalam Perawatan Klien Gangguan Jiwa. EGC, Jakarta, 2014,

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Kemenkes, Jakarta, 2015.

Long, Barbara. C. Perawatan Medikal Bedah 2. Alih Bahasa Yayasan Ikatan Alumni Pendidikian Keperawatan, Bandung, 2009.

Mansjoer, Arief. Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta. Penerbit Media Aesculapius Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014.

Mcphee & William F, Ganong. Patofisiologi Penyakit: Pengantar Menuju Kedokteran Klinis Edisi V. Penterjemah: Brahm U,dkk. Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 2011.

Muttaqin, A. Buku Ajar asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Imunologi. Salemba Medika, Jakarta, 2010.

Notoatmodjo, Soekidjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarta, 2015.

Nurulistyawan. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekambuhan Asma Bronkhiale Pada Pasien Rawat Jalan Di Poli Paru Instalasi Rawat Jalan RSUD RAA Soewondo Pati. https://jurnal.unimus.ac.id/index. php/psn12012010/article/view/31, 2011. Diakses 12 Mei 2019.

Nursalam. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika, Surabaya, 2016.

Safriana, Lina. Faktor-Faktor Pencetus Kekambuhan Asma Pada Anak di Wilayah Kerja Puskesmas Sibelakota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Smeltzer, C . Suzanne. Buku Ajar keperawatan Medikal Bedah. Alih Bahasa Yasmin Asih, EGC, Jakarta, 2012.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung, 2014.

Sunaryo. Psikologi untuk Keperawatan. EGC, Jakarta, 2014.

Sundaru H., Koesnoe S. and Shatri H. Kepatuhan Berobat pada Pasien Asma Tidak Terkontrol dan Faktor-Faktor yang Berhubungan, FKUI, Jakarta, 2016.

Suriadi. Asuhan Keperawatan pada Anak. Cv Agung Seto, Jakarta, 2014.

Urutia, M., Schwab, W., Hoffmann, T., dan Monfort, A.,. Genetic dissection of the (poly) phenol profile of diploid strawberry (Fragaria vesca) fruits using a NIL collection. Plant Science, 242: 151–168, 2012.

Walgito, Bimo. Pengantar Psikologi Umum. Bina Ilmu, Surabaya, 2014.

Waspadji, S. 2017. Diabetes Melitus: Penyulit Kronik dan Pencegahannya. Dalam: Penatalaksanaan Diabetes Melitus Terpadu. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

WHO. Prevention and Control of Chronic Respiratory Diseases, Global Surveillance, ISBN: 978-92-4-156346-8, 2013




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v4i1.947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.