PENGARUH EDUKASI PEER GROUP BERBASIS MEDSOS TERHADAP STATUS PSIKOLOGIS ORANG TUA ANAK DOWN SYNDROME DI SLB NEGERI KALIWUNGU KUDUS
Abstract
Latar Belakang: Prevalensi Down Syndrome semakin meningkat, angka kejadian penderita down syndrome di seluruh dunia diperkirakan mencapai 8 juta jiwa. Menurut laporan Indonesian Center for Biodiversity dan Biotechnology (ICBB) Bogor pada tahun 2016, di Indonesia terdapat lebih dari 300 ribu anak dengan kasus Down Syndrome. Jumlah kasus Down Syndrome Jawa Tengah tercatat 47 SDLB swasta dan negeri yang tersebar di tingkat kota dan kabupaten di Jawa Tengah sebanyak 3.224 anak. Sementara di Kabupaten Kudus terdapat 5 SDLB yaitu SDLB Sunan Kudus, SDLB Cendono Dawe, SDLB Sunan Muria, SDLB Purwosari dan SLB Kaliwungu dengan jumlah siswa dengan down syndrome sejumlah 120 anak. Tujuan : Mengetahui pengaruh edukasi peer group berbasis medsos terhadap status psikologis orang tua anak down syndrome di SLB Negeri Kaliwungu Kudus. Metode: Jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest group with control design. Besar sampel 44 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, kuesioner status psikologis orang tua dan standar operasional prosedur edukasi peer group berbasis medsos. Analisis data uji statistik non parametrik Wilcoxon Test dan Mann-Whitney Test. Hasil Penelitian : Mayoritas status psikologis orang tua sebelum diberikan edukasi peer group berbasis medsos pada kelompok intervensi adalah 11 orang (50%) memiliki status psikologis yang cukup dan setelah (post test) adalah 12 orang (50%) memiliki status psikologis baik. Simpulan : Ada pengaruh edukasi peer group berbasis medsos terhadap status psikologis orang tua anak down syndrome di SLB Negeri Kaliwungu Kudus dengan p value 0,000 < α 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini. Persepsi Orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS) Volume 1 Nomor Januari 2013. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu. (2013).
Estikasari, Paramita. Studi Kasus Penerapan Program Beyond Centers And Circles Time (BCCT) Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Anak Down Syndrome di PAUD TB Semarang. Jurnal Empati, Oktober 2016, Volume 5(4), 863-868 863.(2016)
Hallahan, D. P., Kauffman, J. M. & Pullen, P. C. Exceptional learners: an introduction to special education. Massacgusetts: Allyn and Bacon. (2015).
Kunjoro. Dukungan Sosial pada Down Syndrome. Diakses pada http://www.e- psikologi.com/remaja/commant.htm tanggal 20 Desember 2019. (2012)
Mahendra, A. D. Down Syndrome. Laporan Pendahuluan. Program Studi Ilmu Keperawatan & Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. (2017)
Mangunsong, F. Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Kampus Baru UI. (2011)
Masgutova, S., & Sadowska, L. Neurosensorimotor Reflex Integration Program to Improve Reflex Patterns of Children with Down Syndrome, 1–8. https://doi.org/10.21767/2171-6625.100059. (2015)
Nevid, Rathus & Greene. Psikologi Abnormal Edisi 6 jilid 3. Jakarta: Erlangga. (2013).
Nisma, H. Pengaruh Pendidikan Kesehtan Reproduksi oleh Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta. Mutiara Medika Volume 8 , Nomor 2. (2018).
Rahmawati, Dian. Kemampuan Perawatan Diri Anak Tuna Grahita berdasarkan Faktor Eksternal dan Internal Anak. Jurnal Keperawatan Indonesia Vol 15 No 2. (2011)
Saryono & Setiawan. Metodologi Penelitian Kebidanan. Yogjakarta: Nuha Medika. (2014)
Sudiono, J. Gangguan tumbuh kembang dentokraniofasial. Jakarta: EGC: 84-91. (2014)
Widyastuti, Yeni. Psikologi Sosial. Yogyakarta. Graha Ilmu. (2014).
DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v7i2.1817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesia Jurnal Perawat indexed by
Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.