HUBUNGAN SISTEM PENGAWASAN DAN REWARD DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT

Fitriana Kartikasari, Dewi Hartinah, Edi Wibowo Suwandi, Luluk yuliatin

Abstract


Abstrak

Perawat adalah tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan dalam 24 jam kepada pasien. Salah satu keberhasilan pelayanan rumah sakit akan di tentukan oleh kinerja perawat yang merupakan faktor penentu keberhasilan akhir dari pelayanan yang di terima oleh pasien. RSU Mardi Lestari Sragen dari data sekunder menunjukkan penilaian kinerja baru berorientasi pada pelaksaan asuhan keperawatan sebagai indicator kinerja perawat menjelaskan bahwa pengkajian di lakukan hanya data keluhan saja, diagnosa keperawatan di buat di dasarkan atas analisa perawat dan intervensi serta evaluasi di lakukan di dasarkan atas advis dokter. Mengetahui hubungan system pengawasan dan reward dengan kinerja perawat di RSU Mardi Lestari Sragen. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan pendekatan analitik corelation. Jumlah sample sebanyak 75 perawat, tehnik sample menggunakan purposive sampling. Hasil analisis data bivariate dengan tabel 2x2 dijumpai nilai E > 5, maka uji yang digunakan adalah Contiunity correction. Total 52 (100%) responden dengan pengawasan tinggi, terdapat hasil analisis pengawasan tinggi dengan kinerja baik 51 (98.1%) dan pengawasan tinggi dengan kinerja buruk sebanyak 1 (1.9%). Sebanyak 23 (100%) responden dengan pengawasan rendah ,di dapatkan data pengawasan rendah dengan kinerja baik 5 (21.7%) dan pengawasan rendah dengan kinerja buruk 18 (78.3%). Nilai probabilitas (p = 0,000 < 0,05) Hasil Odds Ratio (OR) = 183.6 artinya peran manager baik/ buruk mempunyai resiko 183.5 lebih terhadap kinerja. Nilai person correlation (r) dikatakan ada jika nila person correlation > r table (0,231), sehingga dapat di simpulkan bahwa penelitian nilai person correlation 0,869. Ada hubungan yang bermakna antara pengawasan dengan kinerja perawat, derajat hubungan kuat sempurna, mempunyai hubungan positif yang berarti semakin tinggi pengawasan maka semakin tinggi kinerja perawat.


Keywords


pengawasan, reward, kinerja perawat

Full Text:

PDF

References


Agus Kuntoro,(2015), Buku Ajar Menejemen Keperawatan, Nuha Medika : Yogyakarta

Ahmad Averus dan Andi Pitono, (2018), Pengaruh Pengawasan Terhadap Kinerja Pegawai Dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan Di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah ,Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora Vol. 20, No. 1, Maret 2018: 15 - 21 ISSN 1411 - 0903 : eISSN: 2443-2660

Ahmad Hannani, Muzakkir Bata Ilyas,2016,Pengaruh Beban Kerja, Kepuasan, dan Fasilitas Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Perawatan Mawar Lantai II RSU Wisata UIT Makasar,Jurnal Mirai Management, Volume 1 Nomor 2, Oktober 2016

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Gelora Aksara Pratama. Erlangga : Jakarta .

Bessie L, Marous, Carol J Huston, (2017), Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, EGC: Jakarta.

Buchbinder, S.B. (2014). Manajemen Pelayanan Kesehatan, Penerbit Buku Kedokteran : EGC : Jakarta.

Fatmawati, A. (2016). Hubungan Pemberian Reward Dengan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Kelas iii Rumah Sakit Umum Daerah Raa Soewondo Pati. Program study S1 keperawatan

Fitria, J. (2017). Pengaruh Reward, Insentif, Pembagian Tugas Dan Pengembangan Karier Pada Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Program Studi Magister Manajemen.

Handoko, H. (2014). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Cetakan 21. BPFE : Yogyakarta.

Ismail.(2013). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: Kecana Prenada medika

Irene Me Eachen, Jim Keogh, (2018), Menejemen Keperawatan, Repka Publishing : Jakarta

Isesreni. (2012). Hubungan Sistem Penghargaan Dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana Di Unit Rawat Inap Rsi Ibnu Sina Yarsi Bukittinggi.

James, S. (2013). The Influence Of Rewards And Job Satisfaction On Employees In The Service Industry. Uk: Swansea University, Wales.

Jasintha. (2016). The Relationship Between Reward System And Of The Job Satisfaction: An Empirical Study Among Nurses In Jaffina Teaching Hospital. Faculty Of Manajemen Study And Commerce : University Of Jaffna.

Nangoi, W.J. Dkk. (2014). Hubungan Pemberian Reward Dengan Kinerja Perawat Di Ruangan IRNA A RSUP PROF. DR.R.D. Kandou Manado. Program Studi Ilmu Keperawatan.Fakultas Kedokteran.

Notoadmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi 2: Rineka Cipta : Jakarta .

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Pedoman Program Jaminan Kesehatan Nasional. 3 Juni 2014. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Pusat Kesehatan Masyarakat. 17 Oktober 2014. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta.

Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional. Roymond H. Simamora, 2012.

Robbins, S.P. 2008. Organization Behavior : Concept, Controversies, Apllications (Perilaku Organisasi, Konsep Kontravesi, Apliaksi). Jilid 1, Alih Bahasa Pujatmaka , Handayana & Molan, B. Prenhallindo: Jakarta

Sania, R. (2012). Pengaruh Motivasi Dan Reward Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Office ( Non Medis) Rumah Sakit Medical Center Bogor. Program Studi Ilmu Administrasi Niaga.

Saryono. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Mitra Cendikia Press.

Sirait, E. dkk (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Haji Boejasin Pelaihari. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung : ALFABETA.

Siagian. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung.

Sutrisno, E. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan 1. Jakarta; kencana.

Tristi Yuanita,2018, Pengaruh Imbalan, Pengawasan, Kondisi Kerja, Pengembangan Karier, Penghargaan, dan Kelompok Kerja terhadap Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sigli, Serambi Saintia, Vol. VI, No. 1, April 2018 ISSN : 2337 – 9952

Wibowo. (2016). Manajemen kinerja. Edisi 5. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v7i1.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.