MODEL SOSIALISASI PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN LALU LINTAS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DRIVER OJEK ONLINE DALAM MEMBERIKAN PERTOLONGAN TANGGAP DARURAT

Alfian Dwi Saputro, Putra Agina Widyaswara Suwarso, Isma Yuniar

Abstract


Latar Belakang: Kecelakaan lalu lintas merupakan peristiwa yang dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan menimpa siapa saja yang dapat menyebabkan kecacatan bahkan dapat menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk mengurangi angka korban kecacatan atau korban meninggal dapat dilakukan dengan cara melakukan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas secara baik, cepat dan benar. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adanya pengaruh sosialisasi pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas terhadap pengetahuan dan sikap driver ojek online dalam memberikan pertolongan. Metode Penelitian: Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan rancangan Pretest dan PostTest, terhadap 35 responden driver ojek online dikecamatan sumpiuh. Uji statistic yang digunakan yaitu uji non perametrik (uji wilcoxone). Hasil Penelitian: Hasil uji statistic wilcoxone menunjukan nilai P = 0,000. dimana nilai p < 0,05 yang berarti Ha diterima yang artinya adanya pengaruh sosialisasi pertolongan pertama pada kecelakaan lalu terhadap pengetahuan dan sikap driver ojek online dalam memberikan pertolongan. Kesimpulan: Terdapat pengaruh sosialisasi pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas terhadap pengetahuan dan sikap driver ojek online dalam memberikan pertolongan. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya: Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini untuk lebih luas ruang lingkup wilayahnya dan diharapkan pada peneliti selanjutnya dapat menjangkau kelompok yang lainya.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. N., & Nasionalita, K. (2018). pengaruh sosialisasi terhadap pengetahuan pelajar mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas. pangandaran : Channel.

Asdiwinata, Yundari, H., & widnyana, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Lalu Lintas Di Banjar Buagan. BMJ Vol 6, 58 - 70.

Azwar, S. (2015). Sikap Manusia Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta: Liberty.

Elsi, M., & Rahmi, D. (2019). Studi Fenomonologi Penanganan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas Oleh Masyarakat di Kota Padang. Jurnal Keperawatan, Vol 11 No 1.

Fitriani, & Andriyani. (2015). Hubungan antara pengetahuan dengan sikap anak usia sekolah akhir tentang makanan jajanan. Vol.1, No.1 Hal 1-25.

Kase, F. R., Prastiwi, S., & Sutriningsih, A. (2018). Hubungan Pengetahuan Masyarakat Awam Dengan Tindakan Awal Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas. Nurshing news, Vol 3 No. 1.

Kusyairi, A., Addiarto, W., & Hasan, A. F. (2020). peningkatan kapasitas petugas kepolisian sebagai first responden emergency dalam pemberian bantuan hidup dasar. Dalam j. p. masyarakat. Probolinggo: istitute scince hafshawaty pesantren zainudin hasan.

Lade, N. R. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Self-Efficacy petugas parkir umum dalam memberikan pertolongan pertama kecelakaan lalu lintas. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Univesitas Kusuma Husada.

Latifin, K. (2019). pemberdayaab masyarakat terhadap pertolongan dasar pada kecelakaan. Sumatra Selatan: universitas sriwijaya.

Manurung, J., & Sitorus, M. E. (2019). faktor yang berhubungan dengan perilaku safety riding pengemudi ojek online. Vol.1, 91-99.

Nurroh, S. d. (2017). Pertolongan pertama pada Kecelakaan P3K. jurnal Keperawatan.

Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Rahmadita, S. S. (2018). Pengaruh Penkes Dengan Infografis Melalui Medsos Terhadap Perilaku Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Ojek Online. 56-65.

Rahmah, F. F., & Setyawan, D. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Polisi Lalu Lintas Tentang Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas Di Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, Vol 11 No 1.

Suyanto, J. (2016). Gender dan Sosialisasi. jakarta: Nobel Edumedia.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v6i2.1279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.