HUBUNGAN PHBS DENGAN KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN NGANGKRUK DESA BANDUNGSARI NGARINGAN KABUPATEN GROBOGAN

Nurlaily Nurlaily, Dewi Priyantiningsih

Abstract


Latar belakang: Scabies merupakan infeksi parasit pada kulit yang disebabkan oleh Sarcoptes scabei var hominis.Salah satu faktor permasalahan yang berakibat pada masih tingginya angka penyebaran penyakit di pondok pesantren adalah pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang masih rendah.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan PHBS dengan kejadian scabies. Metode: Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, variabel yang diobservasi yaitu PHBS dan kejadian scabies dengan populasi 650 orang dan sampel 87 orang diambil dengan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Chi square. Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa PHBS responden di Pondok Pesantren Ngangkruk Desa Bandungsari Ngaringan Kabupaten Grobogan sebagian besar buruk 49 responden (56,3%) dan kejadian scabies sebagian besar tidak tidak scabies 62 responden (71,3%). Kesimpulan: Terdapat hubungan PHBS dengan kejadian scabies di Pondok Pesantren Ngangkruk Desa Bandungsari Ngaringan Kabupaten Grobogan (p=0,005).


Full Text:

PDF

References


Afraniza. 2011. Hubungan antara Praktik Kebersihan Diri dan Angka Kejadian Skabies di Pesantren Kyai Gading Kabupaten Demak. Fakultas Kedokteran UNDIP.S1 Skripsi.

Ahadian. 2012. Efektifitas Skabisida Ekstra Daun

Mimba(Azadirachta Indica A.juss ) Terhadap Tungau Sarcoptes scabiei Secara In Vitro. Skripsi. Medan. Universitas Sumatera Utara.

Albar. 2009.Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Petugas Puskesmas, Medan, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara.

Aminah.2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kejadian Skabies.Skripsi.Lampung.

Universitas Lampung.

Azifa. 2014..Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat. phbs. dengan kejadian skabies pada santriwati pondok pesantren assalafiyyah mlangi nogotirto sleman.

Dinkes Jawa Tengah. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016.

Dinkes Kabupaten Grobogan. 2016. Data Profil Kesehatan Kabupaten Grobogan. Grobogan: DKK.

Ghazali & Hilma. 2014. Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Skabies Di Pondok Pesantren Mlangi Nogotirto Gamping Sleman Yogyakarta. Yogyakarta: JKKI. Vol. 6, No. 3, pp 148-157.

Ismoyowati. 2009. Indikator PHBS di Sekolah, Majalah Informasi & Referensi Promosi Kesehatan I No.1/Tahun IX. Jakarta: Penerbit Pusat Promosi Kesehatan Depkes R.

Kemenkes RI. 2012. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kemenkes.

Kemenkes RI. 2011. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kemenkes.

Masita. 2011. Pelaksanaan Program UKS Dan Kebiasaan Hidup Bersih dan Sehat kelas VI SD RA.Kartini Kota Tebing Tinggi, Skripsi, Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Muspika. 2015. Identifikasi Sarcoptes Scabiei Varian Hominis ( kudis ) pada Santriwan dan Santriwati di Pondok Pesantren Muhyiddin Surabaya. Karya Tulis Ilmiah. Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Rachmawati. 2015. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Rochis. 2013. Hubungan faktor lingkungan dan perilaku terhadap kejadian skabies di pondok pesantren al-furqon kecamatan sidayu kabupaten

gresik provinsi jawa timur tahun 2013.

Sudirman. 2009. Skabies: Masalah Diagnosis dan

Pengobatannya. Majalah Kedokteran Damianus. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atmajaya.

Tarigan.2009. Penerapan Indikator Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dalam Tatanan Rumah Tangga Di Wilayah Kerja Puskesmas Rantau Laban Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi.Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Yusli. 2016. Gambaran kondisi sanitasi lingkungan dan perilaku santri terkait penyakit scabies. studi di pondok pesantren darussalam banyuwangi.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v4i1.998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.