RESPON NYERI DISMENOREA BERDASARKAN KARAKTERISTIK REMAJA PUTRI

ana zumrotun nisak, noor azizah

Abstract


Salah satu ketidaknyamanan fisik saat menstruasi yaitu dismenorea, dimana bisa menyebabkan penderita harus istirahat dan meninggalkan pekerjaan sehari-hari, untuk beberapa jam atau beberapa hari. Respon perilaku terhadap nyeri dapat mencakup pernyataan verbal, perilaku vocal, ekspresi wajah gerakkan tubuh, kontak fisik dengan orang lain, atau perubahan respons terhadap lingkungan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah karakteristik remaja putri mempunyai korelasi terhadap respon nyeri dismenorea. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi kelas X di SMAN 3 Kabupaten Pati yang sudah mendapatkan menstruasi dan merasakan nyeri haid sebanyak 47 siswi. Penelitian dilakukan pada bulan juni-juli 2017. Tehnik analisis statistik data univariat dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi  Somers’d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa karakteristik remaja putri yaitu umur, usia menarche, lama menstruasi dan riwayat dismenorea keluarga, didapatkan hasil bahwa terdapat korelasi yang bermakna antara riwayat dismenorea keluarga dengan respon nyeri dismenorea dengan p velue=0,000, nilai r=0,482, ini dapat diartikan bahwa remaja putri dengan riwayat keluarga yang juga mengalami dismenorea memiliki kekuatan hubungan yang sedang dengan respon nyeri dismenorea dan mempunyai arah korelasi negatif. Diharapkan dapat dilakukan penelitian terkait dengan respon nyeri dismenorea dengan variabel yang berbeda dan remaja yang mengalami dismenorea supaya menambah wawasan tentang dismenorea serta penanganannya sehingga nyeri dismenorea dapat teratasi.

 

Kata Kunci      : Nyeri dismenorea, karakteristik remaja 


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara.

Anurogo, D & Ari W. 2011. Cara jitu mengatasi nyeri haid. Yogyakarta : ANDI

Ernawati. 2010. Terapi Relaksasi Terhadap Nyeri Dismenore pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Semarang. Prosiding seminar nasional UNIMUS. Hal. 106-108

Harahap. I.A. 2007. The Relationship Among Pain Intensity, Pain Acceptance, and Pain Behavior in Patients with Cronic Cancer Pain in Medan, Indonesia: Head of Health Departement of North Sumatera University

Hurlock, E.B. 2007. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Judha,M., Sudarti, Fauziah,A. 2012. Teori pengukuran nyeri & nyeri persalinan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Laila, Nur Najmi. 2011. Buku Pintar menstruasi. Yogyakarta: Buku Biru.

Mansjoer, A. 2009. Kapita selekta kedokteran edisi ketiga. Jakarta : Media Aesculapius.

Manuaba, I.B.G. 2009. Memahami Kesehatan reproduksi Wanita. Jakarta: EGC.

Martini R., Mulyati S., Fratidhina Y. 2014. Pengaruh stres terhadap disminore primer pada mahasiswa kebidanan di jakarta. Jurnal ilmu dan teknologi kesehatan.1(2): 135-140.

Nirwana, A.B. 2011. Psikologi Kesehatan Wanita (Remaja, Menstruasi, Menikah, Hamil, Nifas, Menyusui). Yogyakarta: Nuha medika.

Omidvar, S. 2012. Characteristics and Determinants of Primary Dysmenorrhea in Young Adults. American Medical Journal.

Patruno. 2006. Dysmenorrhea. In : Ehrenthal, D.B. Woment Healthy Menstrual Disorders. USE : The American College of Physicians.

Potter,P.A & Perry, A.G. 2011. Fundamentals of nursing, (6th Ed). St. Louis, MO: Mosby.

Prayitno, S. 2014. Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita. Yogyakarta: Saufa.

Proverawati. 2009. Menarche Menstruasi Pertama penuh Makna. Yogjakarata: Nuha Medika.

Redish, S. 2006. Dysmenorrhea. Australian Family Physician ; 26 (11).

Saguni, F.C.A., Madianung A, Masi G. 2013. Hubungan dismenore dengan aktivitas belajar remaja putri di SMA Kristen I Tomohon. Ejournal Keperawatan ; 1(1) : 1-6.

Saryono dan Sejati, W. 2009. Sindrom Premenstruasi Mengungkap Tabir Sensitifitas Perasaan Menjelang Menstruasi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wiknjosastro. 2007. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v1i2.374

Refbacks



Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.