STUDI FARMAKOEPIDEMIOLOGI VITAMIN PENAMBAH DARAH PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMA BANYUDONO I BOYOLALI

Yayuk Mundriyastutik, Zaenal Fanani, Ana Zumrotun Nisak, Muhammad Al Anshori Nasrullah

Abstract


 Abstrak

Penularan HIV kepada anak yang secara teori di kontribusikan dari proses penularan dari ibu ke anak. Penggunaan zidovudin dalam terapi HIV/AIDS cukup banyak digunakan. Menurut WHO, lini pertama penatalaksanaan HIV/AIDS adalah kombinasi satu macam Non-nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor (NNRTI) dan dua macam Nucleoside Reverse Transcriptase Inhibitor (NRTI), satu diantaranya haruslah zidovudin.

Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi, menggunakan pendekatan cross sectional, pada penelitian ini populasinya adalah bayi dengan ibu HIV pada tahun 2020 di Rumah Sakit Genteng sebanyak 28 pasien, dengan menggunakan teknik Accidental sampling, untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel dilakukan uji statistik Chi Square dengan tingkat signifikansi 0,05.

Hasil penelitian yang diperoleh hasil hubungan antara umur lahir bayi mendapatkan hasil nilai Chi Square hitung 11.667 > 3.841 Chi Square tabel. berat badan lahir bayi mendapatkan hasil nilai Chi Square hitung 2.263 < 3.841 Chi Square tabel. Kepatuhan minum obat Zidovudine mendapatkan hasil nilai Chi Square hitung 18.200 > 5.991 Chi Square tabel dengan keberhasilan terapi Zidovudine pada bayi ibu HIV di RSUD Genteng. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara umur bayi dan kepatuhan minum obat Zidovudine dengan keberhasilan terapi Zidovudine, dan tidak terdapat hubungan berat badan lahir bayi dengan keberhasilan terapi Zidovudine. Sedangkan faktor yang peling berpengaruh adalah faktor kepatuhan dalam minum obat Zidovudine dengan hasil Chi Square hitung paling besar.

Pada dasarnya penularan HIV dari ibu dapat dicegah dengan obat Zidovudine. Namun keberhasilan juga dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya umur lahir bayi dengan kepatuhan minum obat Zidovudine.


Keywords


anemia, vitamin penambah darah, ibu hamil, farmakoepidemiologi, puskesmas

Full Text:

PDF

References


Masthalina H. Pola Konsumsi (Faktor Inhibitor dan Enhancer Fe) Terhadap Status Anemia Remaja Putri. Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram. 2015;1:80-6.

Arifaningtyas, N. Kajian Asupan Zat Besi, Sumber Tanin Dan Status Anemia Ibu Hamil Di Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo (Skripsi). 2019.

Irianto, Koes. Gizi Seimbang dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung: Alfabet. 2014.

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI. 2013.

Amanah, I. R. Studi Farmako-epidemiologi Vitamin Penambah Darah Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Jatinangor. Jurnal Kesehatan Vokasional. 2019; 4: 3.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. 2020.

Marmi. Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Almatsier, S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. 2014.

Mahenaz A, Ismail H. 2012. Severe Anemia du-ring Late Pregnancy. Hindawi Publishing Corporation Case Reports In Obstetrica And Gynecology. 2012.

Aprilia, R. M. & Artini, I. G. A. Gambaran Pola Pengobatan dan Tingkat Pengetahuan Mengenai Penggunaan Obat Selama Kehamilan di Puskesmas Denpasar Utara II Bali. E-Jurnal Medika. 2017; 6: 7.

Anggarini, D. D. Interaksi Ibu Hamil dengan Tenaga Kesehatan dan Pengaruhnya Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Besi (Fe) dan Anemia di Puskesmas Kota Wilayah Selatan Kota Kediri. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2018; 21: 2: 82–89.

Ananti, Y. Hubungan Kepatuhan Minum Tablet Fe dengan Anemia Ibu Hamil. Jurnal Guna Bangsa. 2017; 4: 1.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v4i2.1363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.