EFEK EDUKASI KARTUN ISLAMI TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK SDN 1 PURWOSARI KABUPATEN KUDUS

Indah Risnawati, Sukarmin Sukarmin, Sri Karyati, Zuliana Zuliana

Abstract


Latar Belakang : Kecerdasan spiritual adalah aplikasi adaptif spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari. Ini melibatkan menggunakan spiritualitas dalam memecahkan masalah, membuat rencana dan beradaptasi tentang hidup. Azzet 2010, upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan spiritual bisa dilakukan dengan membimbing anak menemukan makna hidup dengan cara berpikir positif, melatih anak untuk berbuat baik kepada semua orang tanpa mengharapkan suatu imbalan, dan melibatkan anak dalam beribadah dengan keimanan serta kesadaran yang tumbuh dari pribadi anak. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek Edukasi Kartun Islami Terhadap Kecerdasan Spiritual Pada Anak SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus . Metode : Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment yang berdesain pre test-post control group. Teknik sampling dalam penelitian ini diambil secara Non Probability Sampling dengan metode Purpossive Sampling. Jumlah sampel 32 responden yang merupakan siswa SD kelas 5 di SDN Purwosari Kudus. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kecerdasan spiritual sebelum dan sesudah edukasi kartun islami dengan p value sebesar 0,034 < α (0,05). Kesimpulan : Terdapat perbedaan Pengaruh Edukasi Kartun Islami Terhadap Kecerdasan Spiritual Pada Anak Kelas V di SD N 1 Purwosari Kabupaten Kudus.


Full Text:

PDF

References


Afifah Nur Hidayah, 2011. Peningkatan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini: Purwokerto.

Ahmad, Beni Saebani, M. Si, Hendra Akhdiyat, M.Pd, 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia

Aziz, Moh Ali. 2012. Ilmu Dakwah. Kencana: Jakarta.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Ghalia Indonesia: Bogor.

Hamalik, Oemar. 2009. Perencanaan Pengajaran Perdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara: Jakarta.

Khalikul Bahri, (2017) “Dampak Film Kartun Terhadap Tingkah Laku Anak,” (Online), https://repository.ar-raniry.ac.id, (Skripsi, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh), 49.

King, David B. DeCicco, Teresa. (2013). A Viable Model and Self-Report Measure of Spiritual Intellegence. International Journal of Transpersonal Studies. 28. 68-85

Mika Istova, Tatat Hartati. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Siswanto, W.(2010).Membetuk Kecerdasan Spiritual Anak, cet 2. Amza: Jakarta.

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA’, Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN 2598-5973.

cucu hayati, sukiman sukiman (2020), Efektivitas metode bahtsul masa’il dalam meningkatkan daya kritis dan partisipasi siswa pada pembelajaran fikih di madrasah aliyah.

Radhiyatul Fitri, Satrianis DOI: https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1173 Journal Paud Lectura. Pengaruh Pembelajaran Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-hasanah Kecamatan Rumbai Pesisir.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v4i1.1002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.