KEJADIAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (GPPH) PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RSUD DR LOEKMONOHADI KUDUS

Ika Tristanti, Indanah Indanah, Teguh Imam Prasetyo

Abstract


Saat ini sekitar 15-20% anak dengan kasus gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH) yang akan menetap sampai mereka berusia remaja. Apabila kejadian GPPH menetap sampai remaja maka 50% nya akan menyebabkan terjadinya gangguan tingkah laku berupa gangguan kepribadian antisosial saat dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kejadian GPPH pada anak pra sekolah berdasarkan jenis kelamin. Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif pada tahun 2020 di RSUD Dr Loekmonohadi Kudus. Hasil penelitian : Kejadian GPPH pada anak laki-laki 63% dan anak perempuan 37%. Kesimpulan: Kejadian GPPH pada anak lebih besar terjadi pada anak laki-laki dibandingkan anak perempuan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Kerjasama Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan dengan Rineka Cipta.

Altenbach-Brennan. 2010. Teaching Aquatic Skills to Children with Autism Spectrum Disorders.

Ardadinata. 2010. 7 Aspek Perkembangan Anak.

Aryanti, L. 2006. Perkembangan Sensori Motor Dalam Proses Belajar Konferensi Nasional Neurodevelopmental II. Jakarta

Chrysagis, Nikolaos., Angeliki Douka., Michail Nikopoulos., Fonteini Apostolopoulou., Dimitra Koutsouki. 2009. Effect of an Aquatic Program on Gross Motor Function of Children with Spatic Cerebral Palsy. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi ( Terjemahan E. Koeswara). Bandung: PT. Refika.

Elder, Terri. 1995. Water Fun and Fitness. Library of Congres Cataloging-inpublication Data. USA

Ekowarni, Endang. 2000. Tinjauan Psikoterapi Pengelolaan Hiperaktivitas Anak Dalam Keluarga. Seminar Pengelolaan Anak Hiperaktif. Semarang: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Bersama Himpunan Psikologi Indonesia wilayah Jawa Tengah.

Flanagen Robb, LCPC. 2005. ADHD Kids. Menjadi Pendamping Bijak Bagi Anak Penderita ADHD. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Karya.

Gamayanti,I.L., Kumara A., dan Sumaryono, S. 2005. Pengembangan Media Audio Visual Elektronik untuk Penanganan Gangguan Pemusatan Perhatian/ Hiperaktifitas(GPPH) Pada Anak. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v4i1.1001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.