PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Sukma Wijayanti, Agustina Eka Harjanti, Bonnix Hedy Maulana

Abstract


Salah satu solusi pembelajaran saat terjadi pandemic covid-19 adalah pembelajaran melalui daring. Penelitian ini menganalisis tingkat keefektifan pembelajaran akuntansi secara daring saat situasi pandemic covid-19 tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan sample mahasiswa akuntansi dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan alat bantu SmartPLS. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner secara online. Berdasarkan pada hasil pengujian, menunjukkan hasil bahwa pembelajaran akuntansi secara online tidak berpengaruh terhadap motivasi mahasiswa untuk belajar akuntansi.


Full Text:

PDF

References


Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online (Vol. 0, Issue December 2019).

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Doyan, A., Taufik, M., dan Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi terhadap Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 35–45.

Ghozali, I., & Latan, H. (2012). Partial Least Square : Konsep, Teknik, dan Aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gianistika, C. (2021). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Membaca Nyaring Bahasa Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 656–671. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/359

Malan, M. (2020). Engaging students in a fully online accounting degree: an action research study. Accounting Education, 29(4), 321–339. https://doi.org/10.1080/09639284.2020.1787855

Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus, 151 (2020).

Sangster, A., Stoner, G., & Flood, B. (2020). Insights into accounting education in a COVID-19 world. Accounting Education, 29(5), 431–562. https://doi.org/10.1080/09639284.2020.1808487

Stevani. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sma Negeri 5 Padang. Economica, 4(2), 316–322. https://doi.org/10.22202/economica.v4i2.669

Sujiyanto, R., Susiani, T. S., & Budi, H. S. (2015). Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Kelas V Sdn Kalijaran 01 Maos Cilacap. Jurnal Kalam Cendekia, 4, 144–149. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/2124/6180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.