PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KONVEKSI UMKM

Muhammad Nur Salim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan e-commerce dalam meningkatkan daya saing produk konveksi pada UMKM Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan induktif-deduktif. Hasil penelitian ini adalah ada beberapa motivasi yang mendorong para pengusaha konveksi di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus untuk menggunakan layanan e-commerce. Motivasi-motivasi tersebut antara lain adalah mengikuti trand, mempermudah pemasaran dan transaksi, memperbanyak konsumen, dan faktor efisiensi waktu dan biaya dalam pemasaran. Dalam menggunakan layanan e-commerce, para pengusaha konveksi di Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus memiliki strategi tersendiri, antara lain memberikan pelayanan yang baik dan respon yang cepat kepada pembeli, menawarkan harga terbaik dan potongan harga, giat berpromosi kepada rekan dan kenalan, serta menampilkan foto barang dan deskripsi yang jelas agar pelanggan merasa tertarik dan yakin dengan kondisi barang yang ia pesan.


Full Text:

PDF

References


Didi Achjari, “Potensi Manfaat dan Problem di E-Comerce”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 15, No.3: 388-395 (2000).

Jaidan Jauhari, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce,” Jurnal Sistem Informasi (JSI), no. 1, 2010:159-168.

Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: Rineka Cipta; 2013.

Prihatin Lumbanraja, “Bersama UKM Membangun Ekonomi Rakyat Dan Lingkungan Hidup”, Jurnal Ekonomi Vol 14, No 2, April 2001

S. Haryati, Tri Irianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus”, Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol.3 No.1 8-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.