MODEL PENGELOLAAN SUMBER DAYA INSANI DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARI’AH (STUDI DI KSPPS BMT EL AMANAH KENDAL)

Amirul Fatikhin

Abstract


Bank dan lembaga keuangan syariah di Indonesia berkembang dengan sangat cepat. Seharusnya bank dan lembaga keuangan syariah harus memberikan pelayanan dan cita rasa yang berbeda dari lembaga keuangan konvensional. Namun kenyataannya banyak masyarakat yang merasa tidak ada perbedaan yang istimewa antara lembaga keuangan syariah dan konvensional. Hal ini disimpulkan dari pengalaman mereka selama ini. Persepsi negatif masyarakat ini akan berdampak negatif bagi pengembangan lembaga keuangan syariah ke depan. Untuk itu beberapa kebijakan dalam pengelolaan lembaga keuangan syariah perlu dibenahi. Salah satunya menyangkut aspek sumber daya insani. Seorang karyawan bank dan lembaga keuangan syariah yang diterima harus mempunyai kepribadian yang baik, menguasai ilmu fiqh muamalah, pengetahuan tentang lembaga keuangan syariah, komputer/IT dan sebagainya. Mereka haruslah orang-orang yang berkomitmen kuat untuk mempraktikkan ekonomi islam dalam kehidupannya.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Qodir. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Di Pondok Pesantren Alfalah Bakalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. JMP, Volume 1 Nomor 3, Desember.

Abu Fahmi, dkk. 2014. HRD Syariah Teori dan Implementasi. Jakarta: Gramedia.

Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Djaelany Haluty. 2014. Islam dan Manajemen Sumber Daya Manusia yang Berkualitas”,Jurnal Irfani, Volume 10, Juni Nomor 1.

Edy Sutrisno. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

http://alfatihmedia.blogspot.co.id/2013/05/lembaga-keuangan-mikro-syariahlkms.html, di unduh;1 Agustus 2017.

http://muhammad-iwad.blogspot.co.id/2013/03/peranan-sumber-daya insanidalam. html di unduh: 25-5-2017.

Junaidah Hashim. 2008. The Quran-Based Human Resource Management and its Effects on Organisational Justice, Job Satisfaction and Turnover Intention. The Journal of International Management Studies. Volume 3, August.

Jusmaliani. 2014. Pengelolaan Sumber Daya Insani. Jakarta: Bumi Aksara.

Malayu S.P. Hasibuan. 2002. Manjemen Sumber Daya manusia. Jakrta: Bumi Aksara.

Mohd Shahril Bin Ahmad Razimi, dkk. 2014. The Concept of Dimension in Human Resource Management from Islamic Management Perspective”, Middle-East Journal of Scientific Research, No. 1175-1182.

Muhammad Isa. 2016. Pengelolaan Sumber Daya Insani Dalam Memasarkan Produk Dan Jasa Lembaga Keuangan Syariah. Fitrah-Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 02, Desember No. 2.

Sadili Samsuddin. 2005. Manajemen Sumbser Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sjafri Mangkuprawira. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Straregik Edisi Kedua, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Yusi, Septa Prasetia dan Mohammad Ghozali. 2016. Pendekatan Prinsip Good Corporate Governance dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Insani (SDI). Jurnal

Ekonomi Syariah Indonesia, Volume VI, Desember No. 2: 99-107.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.