ASPEK PENTING SERTIFIKASI HALAL PRODUK

Noor Cholifah, Yunus Mustaqim

Abstract


Sebagai seorang muslim makanan yang halal lagi baik itu sangat penting, sebab memiliki nilai ibadah, maka seorang konsumen muslim dalam memilih produk yang dikonsumsinya harus berhat-hati, hal ini terlihat dari adanya label (tanda) halal pada produk. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan diskusi partisipatif dengan evaluasi berupa pertanyaan tanya jawab guna mengetahui sejauh mana masyarakat mampu memahami tentang materi aspek penting sertifkasi halal produk. Hasil pengabdian ini adalah sertifikasi produk halal yang dilakukan pelaku usaha akan memberikan ketenangan, serta juga adanya keuntungan untuk mendapatkan jaminan produk memiliki kualitas terbaik untuk konsumen. Maka dari itu, sertifikasi halal produk harus dilakukan dengan baik bagi pelaku usaha karena juga akan memberikan manfaat untuk kepercayaan dari konsumen, meningkatkan daya saing pasar, meningkatkan persaingan bisnis. Juga akan mudah diterima di pasaran untuk produknya, baik nasional maupun internasional sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi negara maupun peningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha.


Full Text:

PDF

References


Aliyudin, A., Abror, K., Khairuddin, K., & Hilabi, A. (2022). “Sertifikasi Halal di MUI Lampung Pasca Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2014 Serta Problematika UMKM”. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, Vol. 3 No. 2.

Huda, Nailul, Hamim HR, Habibi. (2021). Tausyeh Syarah Fath Al-Qorib Jilid 2. Surabaya: Santro Salaf Press.

Konaras, Abdurrahmad. (2017). Jaminan Produk Halal di Indonesia Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Rajawali Perss.

Nurani, N., Nursjanti, F., Munawar, F. (2020). “Penyuluhan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Jawa Barat Pada Situasi Pandemi Covid-19”. Madayani, Vol. 1 No. 3.

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja




DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v5i1.2106

Jurnal Abdimas Indonesia indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.