UPSKILLING MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN MINUMAN HERBAL BINAHONG

Yayuk Mundriyastutik, Rusnoto Rusnoto, Anisa Solikhati, Riana Putri Rahmawati, Maryatin Maryatin

Abstract


Desa Dersalam terletak di kecamatan kota Bae Kabupaten Kudus yang berjarak 3 m dari kota Kudus. Secara topografi Desa Dersalam merupakan dataran rendah yang memiliki iklim tropis. Tata guna lahan 60% sebagai tempat tinggal, 7% kebon, 24% sawah, dan penggunaan lainnya seperti jalan, sungai dan tanah kosong. Dari data tersebut menunjukan masih ada sawah, kebon dan tanah kosong yang bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam salah satunya adalah tanaman binahong. Tanaman binahong mudah tumbuh baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Selain mudah dibudidayakan tanaman binahong ini juga bisa dimanfaatkan semua bagiannya baik akar, batang maupun daun. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan tanaman binahong dan manfaatan daun binahong sebagai minuman herbal untuk obat maag. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat melalui 3 tahapan yaitu tahap koordinasi dengan ibu PKK Desa Dersalam, tahap penyuluhan dengan memperkenalkan dan memberikan tanaman binahong kepada mitra, tahap pelatihan yaitu memberikan pelatihan kepada peserta cara pembuatan minuman herbal binahong untuk obat maag.

Kata Kunci: Desa Dersalam, tanaman binahong, minuman herbal

Full Text:

PDF

References


http://desa-dersalam.kuduskab.go.id/index.php/profil/profil-masyarakat/34-profil.html.

Tjahjani NP, Yusniawati. (2017). Gambaran Senyawa Bioaktif dalam Sediaan Celup Binahong (Anredera cordifolia (Ten) Steenis). Cendekia Journal of Pharmacy., 1(1): 59-90.

Ariani S, Loho L, Durry MF. (2013). KHASIAT DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) Terhadap Pembentukan Jaringan Granulasi dan Reepitelisasi Penyembuhan Luka Terbuka Kulit Kelinci. Jurnal e-Biomedik (eBM)., 1(2): 914-919.

Arifin H, Wijaya RJ, Rizal Z. (2014). Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) terhadap pH dan Tukak Lambung pada Tikus Putih Betina. Jurnal Farmasi Higea., 6(1): 28-45.

Anwar TM, Soleha TU. (2016). Manfaat Daun Binahong (Anredera cordifolia) sebagai terapi Acne Vulgaris. Majority., 5(5): 179-183.




DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v4i2.1666

Jurnal Abdimas Indonesia indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.