CEGAH SENDIRI STUNTING SISWA PAUD JUNIOR SKB UNGARAN

Purbowati Purbowati, Dyah Kartika Wening

Abstract


Anak usia dini atau prasekolah berusia 3-6 tahun. Usia ini merupakan periode emas anak dalam pertumbuhan dan perkembangan sehingga perlu dilakukan penilaian status gizi secara rutin guna memantau pertumbuhannya. Masalah gizi kronis pada balita yang dapat terjadi yaitu stunting. Stunting adalah gangguan pertumbuhan linier yang disebabkan karena ketidakcukupan asupan zat gizi kronis atau penyakit infeksi kronis maupun berulang. Pada masa pandemi covid-19 kegiatan belajar dilakukan secara daring dari rumah, begitu pun pemantauan status gizi rutin di sekolah tidak dapat dilaksanakan. Peran orang tua sangat diharapkan dapat melakukan pemantauan tinggi badan anak secara mandiri. Sehingga perlu dilakukan kegiatan edukasi dan pelatihan pemantauan tinggi badan pada orang tua agar dapat diterapkan di rumah secara mandiri. Sasaran kegiatan ini yaitu orang tua siswa PAUD Junior SKB Ungaran. Kegiatan dilaksanakan pada bulan April 2021 bertempat di Aula SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Program yang ditawarkan antara lain edukasi stunting, pelatihan pengukuran tinggi badan beserta ploting status gizi, dan pembagian stiker pengukur tinggi badan dan grafik pertumbuhan. Hasil evaluasi kegiatan yaitu terdapat peningkatan pengetahuan orang tua tentang deteksi stunting dari sebelum dan sesudah edukasi, orang tua antusias dan aktif mengikuti pemaparan materi dan pelatihan pemantauan tinggi badan anak, orang tua dapat mempraktikan pemantauan tinggi badan anak di rumah masing-masing.

References


Fikriyanti, M. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Laras Media Prima.

Kementerian Kesehatan. (2018). Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dalam Percepatan Pencegahan Stunting di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2018). Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Kementerian Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Standar Antropometri Anak. Kementerian Kesehatan RI.

Kurniasih, D., Hilmansyah, H., Astuti, M. P., & Imam, S. (2010). Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. Gramedia.

Perencanaan, K. P. P. N., & (Bappenas), P. N. (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Ruang Guru PAUD. (2021). Yuk Cegah Stunting Melalui PAUD Berkualitas. Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan Dan Kebudaayaan. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20210617105910

Wong, D. L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Volume 1. Edisi 6. Buku Kedokteran EGC.

World Health Organization. (2020). Childhood Stunting: Context, Causes and Consequences. https://www.who.int/nutrition/healthygrowthproj/en/index1.html




DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v4i1.1415

Jurnal Abdimas Indonesia indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.