PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PRESPEKTIF ISLAM

Zakiy zakiyatun

Abstract


Artikel ini mengupas mengenai pendidikan multikultural dalam prespektif islam. Pendidikan multikultural adalah proses penanaman tatacara hidup menghormati, tulus, dan toleran terhadap keanekaragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Dimensi Pendidikan Berbasis Multikultural adalah dimensi integrasi isi/materi (content integration), dimensi konstuksi pengetahuan (knowledge construction), dimensi pendidikan yang sama/adil (an equity paedagogy), dimensi pengurangan prasangka (prejudice reduction), dan dimensi pemberdayaan budaya sekolah dan stuktur sosial (Empowering school culture and social stucture). Pendidikan Islam berwawasan multikultural adalah gerakan pembaharuan dan inovasi pendidikan agama dalam rangka menanamkan kesadaran pentingnya hidup bersama dalam keragaman dan perbedaan agama-agama, dengan spirit kesetaraan dan kesederajatan, saling percaya, saling memahami dan menghargai persamaan, perbedaan dan keunikan agama-agama, sehingga terjalin dalam suatu relasi dan interdependensi dalam situasi saling mendengar dan menerima perbedaan perspektif agama-agama dalam satu dan lain masalah dengan pikiran terbuka, untuk menemukan jalan terbaik mengatasi konflik antaragama dan menciptakan perdamaian melalui sarana pengampunan dan tindakan kekerasan

Full Text:

PDF

References


Asma Hasan Fahmi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, cet. ke-1, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Joko Tri Prasetya, Ilmu Budaya Dasar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1, Juni 2016.

Mundzier Suparta, Islamic Multiculturaleducation, Sebuah Refleksi Atas Pendidikan Agama Islam Di Indonesia, Jakarta: AlGhazaliCenter, 2008.

Suparlan Parsudi, Multikulturalisme Sebagai Modal Dasar Bagi Aktualisasi

Kesejahteraan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Suwitno & Fauzan, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Persada Media, 2005.

Tadris, “Islam dan Pendidikan Multikultural” Vol. 4 No. 2, 2009.

Zakiyuddin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, cet. ke-1 Jakarta: Erlangga, 2005




DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v1i2.1323

Jurnal Abdimas Indonesia indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.