EVALUASI KADAR FORMALDEHID IKAN TERI (STOLEPHORUS HETEROLOBUS) ASIN DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UV-VIS

Yayuk Mundriyastutik, Dewi Kusumatuti, Fatima Tuzzahroh

Abstract


Ikan teri atau ikan pelagis merupakan jenis ikan kecil yang banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai pelengkap bahan makanan karena cita rasa yang enak dan mempunyai kandungan kalsium yang bermanfaat untuk mencegah pengroposan tulang. Semakin lama ikan teri segar susah didapatkan sehingga banyak masyarakat, produsen, maupun distributor mengolah ikan teri dengan cara diawetkan. Proses pengawetan dilakukan dengan menggunakan penambahan bahan kimia ataupun secara tradisional. Proses tradisional membutuhkan waktu lama, tidak memperhatikan kebersihan dalam proses pengolahan maupun penyimpana maka proses ini sering mengalami kerusakan baik secara mikrobioligis maupun kimiawi, sehingga masyarakat memilih cara cepat dengan harga yang murah dengan menggunakan bahan kimia salah satunya adalah formaldehid. Kurangnya informasi masyarakat tentang senyawa formaldehid atau dikenal dengan formalin maka banyak masyarakat yang menggunakan tanpa memperhatikan batas keamanan. Tujuan dari penelitian adalah utuk mengetahui kadar formalin pada ikan teri asin dipasar X. penelitian ini menggunakan metode eksprimen dengan pendekatan one shot case study dengan menguji kadar senyawa fomaldehid menggunakan spektrofotometri UV-Vis.

Hasil penelitian menunjukan ikan teri asin yang telat diuji dengan spektrofotometri UV-Vis dengan Panjang gelombang 395,8 nm diperoleh kadar sampel A sebesar 1,61881, sampel B sebesar 1,7844 mg/g, sampel C sebesar 1,8986 mg/g.

Kata Kunci: Ikan teri asin, Formaldehid, Spektrofotometri UV-Vis


Full Text:

PDF

References


(2000). Klien Gangguan Kardiovaskular Seri Asuhan keperawatan. Jakarta: EGC.

Koehler, J. W. (2004). The theory of culture-specific total quality management: Quality Management in Chinese regions, 29(1), 140–141. Retrieved from http://www.bookfi.org

Mahatmanti, W. F. (2001). Studi adsorpsi Ion Logam Seng(II) dan Timbal(II) Pada Kitosan dan Kitosan-sulfat Dari Cangkang Udang Windu (Penaus monodon). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Masithoh, A. R., & Montairo, E. O. (2015). Motivasi Untuk Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Sebelum Dan Sesudah Pendidikan Kesehatan Tentang Kanker Payudara Padawanita Usia Subur. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 6(1), 1–11. Retrieved from http://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jikk/article/view/1/1

Muthoifin, Nuha, & Mujiburohman. (2016). Politik Otonomi Daerah Dalam Bingkai Islam Dan Keindonesiaan. In Prosiding The 3rd University Research Colloquium 2016 (pp. 1–10). Kudus: LPPM STIKES Muhammadiyah Kudus. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6706/1.Mutholifin -Perspektif.pdf?sequence=1

Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Cahyadi, W. Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. 2012.

Dinas Kelautan dan Perikanan Jepara. Buku Saku. Pemerintah Kabupaten Jepara, Dinas Kelautan Dan Perikanan. Jepara. 2012.

Ichya’uddin, M. Analisis Kadar Formalin dan Uji Organoleptik Ikan Asin Dibeberapa Pasar Tradisional di Kabupaten Tuban. Malang: Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. 2014.

Mawaddah, Ighnatul. Analisa Keamanan Pangan pada Produk Kerupuk Mie di Kabupaten Tegal. Semarang: Jurusan Ilmu Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang. (Skripsi). 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Suparwiono, A.M., dan Hudaidah, S. Evaluasi Kandungan Formalin Pada Ikan Asin Di Lampung. Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumber Daya Perairan. 2014.

Trinovita, Yulis., Yayuk Mundriyastutik., Zaenal Fanani., dan Ana Nurul Fitriyani. Evaluasi Kadar Flavonoid Total pada Ekstrak Etanol Daun Sangketan (Achyranthes aspera) dengan Spektrofotometri. Indonesia Jurnal Farmasi. Kudus: Universitas Muhammadiyah Kudus. 2019.

Yahya, S. Bio-template Synthesis of Silika-Ruthenium Catalyst of Benzylation of Toluene. Journal of Physical Science. Vol. 24. 2013.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijf.v5i2.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesia Jurnal Farmasi



Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Indonesia Jurnal Farmasi indexed by

                

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.