ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING PEDAGANG KAKI LIMA YANG MENGGUNAKAN SCAN QR CODE

Naili Fauziyatul Husna, Cikita Berlian Hakim, Nur Hayati

Abstract


Dalam dunia keuangan, transaksi tidak hanya menggunakan uang kartal dan giral atau uang tunai, tetapi juga melalui aplikasi teknologi yang biasa di sebut Financial Technologi (Fintech). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PKL mendorong perkembangan dompet digital di Kecamatan Kota Kudus. Untuk menganalisis serta mengetahui bagaimana dampak penggunaan dompet digital sebagai alat pembayaran nontunai bagi pedagang kaki lima (PKL) di Kecamatan Kudus.penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasusDari hasil wawancara informan menggunakan sistem pembayaran kode QR untuk mempermudah transaksi bagi pelanggan yang tidak membawa uang tunai atau yang sudah terbiasa dengan pembayaran cashless. Informan mempromosikan sistem ini melalui media sosial seperti, whatsapp dan instagram.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian mengenai analisis strategi digital marketing PKL yang menggunakan scan QR code dapat disimpulkan bahwa PKL menggunakan pembayaran sistem scan QR code yaitu pelanggan dapat melakukan transaksi pembayaran dengan cepat dan mudah tanpa harus membawa uang tunai dan menunggu kembalian. PKL juga memberikan pelayanan yang lebih baik dengan menyediakan berbagai pilihan pembayaran digital yang mendukung semua jenis aplikasi pembayaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan. PKL dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan menyediakan pembayaran scan QR code yang aman. PKL dapat mengadaptasi diri dengan perkembangan teknologi dompet digital yang semakin populer di masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pedagang Kaki Lima di Kudus City Walk Sudah Bisa Transaksi NonTunai, Penulis: raka f pujangga | Editor: rival al manaf

-ID-profil-pedagang-kaki-lima-pkl-yang-berjualan-di-badan-jalan-studi-di-jalan-terat. (n.d.).

Aryani, M. (2021). ANALISIS DIGITAL MARKETING PADA HOTEL KILA DI KABUPATEN LOMBOK BARAT TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. In Jurnal Visionary (VIS) Prodi AP UNDIKMA (Vol. 6).

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Augina, A., Program, M., Ilmu, S., Masyarakat, K., Kedokteran, F., Kesehatan, I., Jambi, U., Letjend, J., No, S., 33, T., & Pura, J. (n.d.). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. In Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat (Vol. 12).

BAB - 201620201. (n.d.).

Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968

Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan, P., Kualitatif tentang Penggunaan Media Komunikasi bagi Remaja Perempuan dalam Pencarian Informasi Kesehatan Ditha Prasanti, S., & Raya Jatinangor-Sumedang, J. K. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI BAGI REMAJA PEREMPUAN DALAM PENCARIAN INFORMASI KESEHATAN. In JURNAL LONTAR (Vol. 6).

Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. (n.d.).

Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah Chrysilla Zada, A., Sopiana Jurusan Ilmu Ekonomi, Y., Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, S., & Lambung Mangkurat, U. (2021). Penggunaan E-Wallet atau Dompet Digital sebagai. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 4(1), 251–268.

Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Issue 33).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.